Umum

Ini Dia Arti Istilah Bahasa Arab yang Biasanya Digunakan di Sekitar Kita

×

Ini Dia Arti Istilah Bahasa Arab yang Biasanya Digunakan di Sekitar Kita

Share this article

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Bahasa ini memiliki banyak pengaruh terhadap bahasa-bahasa di sekitarnya. Di Indonesia sendiri, bahasa Arab juga memiliki pengaruh yang kuat, terutama dalam bidang agama. Sehingga tak heran jika banyak kata-kata Arab yang sering kita dengar di sekitar kita. Berikut adalah beberapa istilah bahasa Arab yang biasanya digunakan di sekitar kita:

1. Assalamualaikum

Assalamualaikum adalah kata salam dalam bahasa Arab yang artinya adalah “semoga damai sejahtera atas kamu”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai ucapan salam. Biasanya, ketika bertemu dengan seseorang, orang Islam akan mengucapkan kata “Assalamualaikum” sebagai tanda salam.

2. Alhamdulillah

Alhamdulillah adalah kata syukur dalam bahasa Arab yang artinya adalah “segala puji bagi Allah”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

3. Subhanallah

Subhanallah adalah kata pengagungan dalam bahasa Arab yang artinya adalah “maha suci Allah”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT.

4. Insha Allah

Insha Allah adalah kata harapan dalam bahasa Arab yang artinya adalah “jika Allah menghendaki”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam ketika berharap akan suatu kejadian atau peristiwa.

5. Masya Allah

Masya Allah adalah kata kagum dalam bahasa Arab yang artinya adalah “apa yang dikehendaki Allah”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai ungkapan kagum terhadap sesuatu yang dianggap luar biasa.

Pos Terkait:  Keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan

6. Astaghfirullah

Astaghfirullah adalah kata permohonan ampun dalam bahasa Arab yang artinya adalah “aku memohon ampun kepada Allah”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam ketika merasa bersalah atau melakukan kesalahan.

7. Bismillah

Bismillah adalah kata pembuka dalam bahasa Arab yang artinya adalah “dengan menyebut nama Allah”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai doa sebelum melakukan suatu kegiatan atau tindakan.

8. Jazakallah Khair

Jazakallah Khair adalah kata ungkapan terima kasih dalam bahasa Arab yang artinya adalah “semoga Allah memberikan kebaikan padamu”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai ungkapan terima kasih atas bantuan atau jasa seseorang.

9. Wallahu A’lam

Wallahu A’lam adalah kata pengakuan ketidaktahuan dalam bahasa Arab yang artinya adalah “Allah-lah yang lebih mengetahui”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam ketika tidak tahu atau tidak yakin dengan suatu hal.

10. Ya Allah

Ya Allah adalah kata doa dalam bahasa Arab yang artinya adalah “ya Allah”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam ketika memohon sesuatu atau ketika sedang dalam kesulitan.

11. Maaf

Maaf adalah kata permintaan maaf dalam bahasa Arab yang artinya adalah “mohon maaf”. Kata ini sering digunakan oleh orang Indonesia ketika meminta maaf atau menyatakan permohonan maaf.

12. Barokallah

Barokallah adalah kata doa dalam bahasa Arab yang artinya adalah “semoga Allah memberkahi”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai doa agar Allah memberikan berkah pada seseorang atau suatu kejadian.

13. Selamat

Selamat adalah kata ucapan selamat dalam bahasa Arab yang artinya adalah “mubarak”. Kata ini sering digunakan oleh orang Indonesia sebagai ucapan selamat pada berbagai kesempatan.

14. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh adalah kata ucapan salam dalam bahasa Arab yang artinya adalah “semoga sejahtera atas kamu, rahmat Allah dan berkah-Nya”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai ucapan salam yang panjang.

Pos Terkait:  Kandungan Quran Surat Al Maidah Ayat: Memahami Makna Penting dalam Ayat Quran

15. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum adalah kata ucapan selamat dalam bahasa Arab yang artinya adalah “semoga Allah menerima dari kita dan dari kamu”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai ucapan selamat pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

16. Zakat

Zakat adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “sumbangan wajib”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan.

17. Hajj

Hajj adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “ibadah haji”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan.

18. Shalat

Shalat adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “ibadah salat”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan.

19. Ramadhan

Ramadhan adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “bulan puasa”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut bulan puasa yang dilaksanakan setiap tahun.

20. Syawal

Syawal adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “bulan Idul Fitri”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut bulan setelah bulan puasa.

21. Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “bulan haji”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut bulan ketika ibadah haji dilaksanakan.

22. Muharram

Muharram adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “bulan pertama dalam kalender Islam”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut bulan pertama dalam kalender Islam.

23. Halal

Halal adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “boleh”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut makanan atau minuman yang diperbolehkan dalam Islam.

Pos Terkait:  Sejarah Munculnya Air Zamzam, Sempat Kering dan Hilang

24. Haram

Haram adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “tidak boleh”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut makanan atau minuman yang tidak diperbolehkan dalam Islam.

25. Syukron

Syukron adalah kata terima kasih dalam bahasa Arab yang artinya adalah “terima kasih”. Kata ini sering digunakan oleh orang-orang Arab sebagai ucapan terima kasih.

26. Kafir

Kafir adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “orang yang mendustakan atau tidak percaya”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut orang yang tidak mempercayai ajaran Islam.

27. Jin

Jin adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “makhluk halus”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut makhluk halus yang diyakini ada dalam Islam.

28. Shaitan

Shaitan adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “iblis”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut iblis atau setan yang diyakini ada dalam Islam.

29. Nabi

Nabi adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “utusan”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut para utusan Allah SWT yang diutus untuk membawa ajaran Islam.

30. Rasul

Rasul adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah “utusan yang diutus dengan risalah atau kitab suci”. Kata ini sering digunakan oleh umat Islam untuk menyebut para utusan Allah SWT yang diutus dengan kitab suci.

Kesimpulan

Bahasa Arab memiliki pengaruh yang kuat di Indonesia, terutama dalam bidang agama. Oleh karena itu, tak heran jika banyak kata-kata Arab yang sering kita dengar di sekitar kita. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa istilah bahasa Arab yang biasanya digunakan di sekitar kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Arab.