Umum

Pengertian Perbedaan Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah

×

Pengertian Perbedaan Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah

Share this article

Dalam agama Islam, ada dua jenis ibadah yang harus dilakukan oleh umat Muslim, yaitu fardhu ain dan fardhu kifayah. Namun, apa sebenarnya pengertian dari kedua jenis ibadah tersebut dan apa perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini.

Fardhu Ain

Fardhu ain adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap individu Muslim. Ibadah ini berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Contohnya seperti sholat, puasa, zakat, haji, dan membaca Al-Quran.

Menurut para ulama, fardhu ain merupakan ibadah yang harus dilakukan oleh setiap individu tanpa terkecuali. Artinya, jika seseorang tidak melaksanakan fardhu ain, maka dia akan dianggap berdosa dan dapat menerima hukuman dari Allah SWT.

Contoh dari fardhu ain adalah sholat. Setiap Muslim wajib melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam. Jika seseorang tidak melaksanakan sholat, maka dia dianggap melakukan dosa besar dan dapat menerima hukuman dari Allah SWT.

Fardhu Kifayah

Sedangkan fardhu kifayah adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh sebagian individu Muslim. Ibadah ini berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan sesama manusia. Contohnya seperti memandikan jenazah, memimpin sholat, dan memberi nasehat kepada orang yang membutuhkan.

Pos Terkait:  Shalat Tarawih Di Masa Abu Bakar Dan Umar

Menurut para ulama, fardhu kifayah merupakan ibadah yang menjadi tanggung jawab sebagian orang Muslim. Artinya, jika sebagian orang sudah melaksanakan fardhu kifayah, maka yang lainnya tidak perlu melakukannya. Namun, jika tidak ada seorang pun yang melaksanakan fardhu kifayah, maka semua orang akan dianggap berdosa.

Contoh dari fardhu kifayah adalah memandikan jenazah. Jika ada seorang Muslim yang meninggal dunia, maka wajib bagi sebagian orang Muslim yang memiliki kemampuan untuk memandikan jenazah tersebut. Jika tidak ada seorang pun yang melakukannya, maka semua orang Muslim akan dianggap berdosa.

Perbedaan Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah

Perbedaan utama antara fardhu ain dan fardhu kifayah terletak pada kewajibannya untuk dilaksanakan oleh setiap individu Muslim. Fardhu ain merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap individu, sementara fardhu kifayah merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh sebagian individu.

Selain itu, fardhu ain berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Allah SWT, sedangkan fardhu kifayah berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan sesama manusia.

Contoh lain dari perbedaan fardhu ain dan fardhu kifayah adalah zakat. Zakat merupakan fardhu ain yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab. Sementara itu, menunaikan zakat fitrah merupakan fardhu kifayah yang wajib dilakukan oleh sebagian orang Muslim. Jika sudah ada sebagian orang yang melaksanakan zakat fitrah, maka yang lainnya tidak perlu melakukannya.

Pos Terkait:  Palestina dan Nubuwat Akhir Zaman

Kesimpulan

Dalam agama Islam, terdapat dua jenis ibadah yang harus dilakukan oleh umat Muslim, yaitu fardhu ain dan fardhu kifayah. Fardhu ain merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap individu Muslim, sedangkan fardhu kifayah merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh sebagian individu Muslim.

Perbedaan utama antara keduanya terletak pada kewajiban untuk dilaksanakan oleh setiap individu dan hubungan antara manusia dengan Allah SWT atau manusia dengan sesama manusia. Sebagai umat Muslim, kita harus memahami perbedaan antara fardhu ain dan fardhu kifayah agar dapat melaksanakan ibadah dengan benar dan sesuai dengan ajaran agama Islam.