Umum

Ini Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dipakai untuk Shalat

×

Ini Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dipakai untuk Shalat

Share this article

Saat beribadah shalat, selain perlu memperhatikan kebersihan diri, kita juga perlu memperhatikan pakaian yang kita kenakan. Ada beberapa jenis pakaian yang sebaiknya tidak dipakai saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak khushu’ (khusyuk) dalam beribadah. Berikut adalah beberapa jenis pakaian yang tidak boleh dipakai untuk shalat:

1. Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat akan membuat gerakan saat shalat menjadi terbatas dan sulit dilakukan dengan baik. Selain itu, pakaian yang terlalu ketat juga dapat memperlihatkan bentuk tubuh yang seharusnya tidak ditampilkan saat beribadah.

2. Pakaian yang Terlalu Longgar

Pakaian yang terlalu longgar juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat. Karena selain membuat gerakan menjadi kurang leluasa, pakaian yang terlalu longgar juga dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah.

3. Pakaian yang Transparan

Pakaian yang transparan atau tembus pandang tidak pantas dipakai saat shalat karena dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah. Selain itu, pakaian yang transparan juga dapat memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak ditampilkan saat beribadah.

4. Pakaian yang Terlalu Pendek

Pakaian yang terlalu pendek juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah. Selain itu, pakaian yang terlalu pendek juga dapat memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak ditampilkan saat beribadah.

5. Pakaian yang Berlebihan Hiasan

Pakaian yang berlebihan hiasan seperti payet, manik-manik, atau renda yang berlebihan juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat. Karena selain membuat gerakan menjadi kurang leluasa, pakaian yang berlebihan hiasan juga dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah.

Pos Terkait:  Apakah Vaksinasi Membatalkan Puasa?

6. Pakaian yang Terlalu Warna-warni

Pakaian yang terlalu warna-warni juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang netral dan tidak mencolok.

7. Pakaian yang Berbau Kurang Sedap

Pakaian yang berbau kurang sedap juga tidak pantas dipakai saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak khushu’ dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang bersih dan wangi saat shalat.

8. Pakaian yang Mengandung Gambar atau Tulisan yang Tidak Pantas

Pakaian yang mengandung gambar atau tulisan yang tidak pantas seperti gambar hewan atau tulisan kotor tidak disarankan untuk dipakai saat shalat. Karena selain dapat mengganggu konsentrasi, juga tidak pantas dipakai saat beribadah.

9. Pakaian yang Terbuat dari Bahan yang Kurang Layak

Pakaian yang terbuat dari bahan yang kurang layak seperti kaos oblong atau bahan yang terlalu tipis juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat. Karena selain tidak pantas dipakai saat beribadah, juga dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah.

10. Pakaian yang Terlalu Berat

Pakaian yang terlalu berat juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat gerakan menjadi kurang leluasa dan sulit dilakukan dengan baik. Selain itu, pakaian yang terlalu berat juga dapat membuat kita lelah dan tidak fokus dalam beribadah.

11. Pakaian yang Terlalu Ringan

Pakaian yang terlalu ringan seperti kaos tanpa lengan juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat gerakan menjadi kurang leluasa dan sulit dilakukan dengan baik. Selain itu, pakaian yang terlalu ringan juga dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah.

12. Pakaian yang Terlalu Panas

Pakaian yang terlalu panas seperti jaket tebal juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan lelah saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu panas saat shalat.

13. Pakaian yang Terlalu Dingin

Pakaian yang terlalu dingin seperti kaos tanpa lengan juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan kedinginan saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu dingin saat shalat.

Pos Terkait:  Ini Lima Jenis Tafakur menurut Ulama

14. Pakaian yang Terlalu Kaku

Pakaian yang terlalu kaku seperti jas atau blazer juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat gerakan menjadi terbatas dan sulit dilakukan dengan baik. Selain itu, pakaian yang terlalu kaku juga dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah.

15. Pakaian yang Terlalu Lembut

Pakaian yang terlalu lembut seperti kaos krah juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu lembut saat shalat.

16. Pakaian yang Terlalu Berwarna Gelap

Pakaian yang terlalu berwarna gelap juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang netral dan tidak mencolok.

17. Pakaian yang Terlalu Berwarna Terang

Pakaian yang terlalu berwarna terang juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang netral dan tidak mencolok.

18. Pakaian yang Terlalu Mencolok

Pakaian yang terlalu mencolok seperti kaos dengan gambar yang besar juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak khushu’ dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang sederhana dan tidak mencolok saat shalat.

19. Pakaian yang Terlalu Sederhana

Pakaian yang terlalu sederhana seperti kaos oblong juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu sederhana saat shalat.

20. Pakaian yang Terlalu Formal

Pakaian yang terlalu formal seperti jas atau blazer juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat gerakan menjadi terbatas dan sulit dilakukan dengan baik. Selain itu, pakaian yang terlalu formal juga dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah.

21. Pakaian yang Terlalu Kasual

Pakaian yang terlalu kasual seperti kaos oblong juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu kasual saat shalat.

22. Pakaian yang Terlalu Sporty

Pakaian yang terlalu sporty seperti kaus olahraga juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat membuat kita tidak merasa nyaman dan tidak fokus dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu sporty saat shalat.

Pos Terkait:  Wujud Cinta Sungguhan kepada Allah Menurut Ibnu Athaillah

23. Pakaian yang Terlalu Fashionable

Pakaian yang terlalu fashionable seperti kaos krah dengan aksen tertentu juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak khushu’ dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang sederhana dan tidak terlalu fashionable saat shalat.

24. Pakaian yang Terlalu Serba Gaya

Pakaian yang terlalu serba gaya seperti kaos dengan aksen tertentu juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak khushu’ dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang sederhana dan tidak terlalu serba gaya saat shalat.

25. Pakaian yang Terlalu Serba Hitam

Pakaian yang terlalu serba hitam juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang netral dan tidak terlalu serba hitam saat shalat.

26. Pakaian yang Terlalu Serba Putih

Pakaian yang terlalu serba putih juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang netral dan tidak terlalu serba putih saat shalat.

27. Pakaian yang Terlalu Serba Warna

Pakaian yang terlalu serba warna juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang netral dan tidak terlalu serba warna saat shalat.

28. Pakaian yang Terlalu Serba Motif

Pakaian yang terlalu serba motif juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak khushu’ dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang sederhana dan tidak terlalu serba motif saat shalat.

29. Pakaian yang Terlalu Bermerk

Pakaian yang terlalu bermerk seperti kaos dengan logo yang besar juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena dapat memancing rasa ingin tahu orang lain dan mengganggu konsentrasi saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang sederhana dan tidak terlalu bermerk saat shalat.

30. Pakaian yang Terlalu Murah

Pakaian yang terlalu murah seperti kaos oblong dengan harga yang sangat murah juga tidak disarankan untuk dipakai saat shalat karena tidak pantas dipakai saat beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang layak dan pantas dipakai saat shalat.

Kesimpulan

Memperhatikan jenis pakaian yang kita kenakan saat shalat adalah hal yang penting untuk menjaga khushu’ (khusyuk) dalam beribadah. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman, tidak terl