Surat Al Fatihah: Panduan Shalat dan Makna Di Baliknya

Posted on

Pengenalan

Surat Al Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Quran dan dianggap sebagai surat yang paling penting dalam Islam. Surat ini juga dikenal sebagai Ummul Kitab, yang berarti induk kitab. Surat Al Fatihah menjadi bagian dari shalat lima waktu dan merupakan salah satu syarat sah shalat.

Arti Kata Al Fatihah

Al Fatihah berasal dari kata “al-Fataha” yang berarti pembukaan. Surat ini diberi nama Al Fatihah karena di dalamnya terdapat kalimat pembukaan untuk Al-Quran.

Terjemahan Surat Al Fatihah

Berikut adalah terjemahan Surat Al Fatihah dalam bahasa Indonesia:

Bismillaahir Rahmaanir Raheem

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Alhamdu lillaahi Rabbil ‘aalameen

Pos Terkait:  Pekerjaan Rumah Tangga Milik Istri ataukah Suami?

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Ar-Rahmaanir-Raheem

Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Maaliki Yawmid-Deen

Pemilik hari pembalasan.

Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’een

Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan.

Ihdinas-Siraatal-Mustaqeem

Tunjukilah kami jalan yang lurus.

Siraatal-ladziina an’amta ‘alayhim ghayril-maghduubi ‘alayhim walad-dhaalliin

Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang yang sesat.

Penjelasan Makna Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah mengandung banyak makna yang dalam dan mendalam. Berikut adalah penjelasan tentang makna Surat Al Fatihah:

Bismillaahir Rahmaanir Raheem

Kalimat ini menyatakan bahwa segala sesuatu harus dimulai dengan menyebut nama Allah, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kalimat ini mengingatkan kita bahwa Allah-lah yang memberikan segala sesuatu dan kita harus senantiasa mengingat-Nya dalam setiap langkah kita.

Alhamdu lillaahi Rabbil ‘aalameen

Kalimat ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah karena Dia adalah Tuhan semesta alam. Kalimat ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

Ar-Rahmaanir-Raheem

Kalimat ini menyatakan bahwa Allah adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kalimat ini mengajarkan kita untuk senantiasa berharap pada kasih sayang Allah dalam setiap langkah hidup kita.

Pos Terkait:  Lupa Niat Zakat? Begini Kajian Fiqihnya

Maaliki Yawmid-Deen

Kalimat ini menyatakan bahwa Allah adalah Pemilik hari pembalasan. Kalimat ini mengajarkan kita untuk selalu ingat bahwa setiap perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan pada hari pembalasan.

Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’een

Kalimat ini menyatakan bahwa kita hanya menyembah Allah dan hanya meminta pertolongan kepada-Nya. Kalimat ini mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan Allah dalam setiap persoalan hidup kita.

Ihdinas-Siraatal-Mustaqeem

Kalimat ini menyatakan permohonan kita kepada Allah agar menunjukkan jalan yang lurus. Kalimat ini mengajarkan kita untuk selalu meminta petunjuk dari Allah dalam setiap langkah hidup kita.

Siraatal-ladziina an’amta ‘alayhim ghayril-maghduubi ‘alayhim walad-dhaalliin

Kalimat ini menyatakan bahwa kita memohon kepada Allah agar diberikan jalan yang telah diberikan nikmat oleh-Nya. Kalimat ini mengajarkan kita untuk selalu meminta kepada Allah agar diberikan kebaikan dalam hidup kita.

Keutamaan Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah memiliki banyak keutamaan yang diakui oleh umat Muslim. Berikut adalah beberapa keutamaan Surat Al Fatihah:

Surat Al Fatihah adalah doa yang diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sering membaca Surat Al Fatihah dalam setiap shalat. Oleh karena itu, Surat Al Fatihah menjadi sunnah Nabi Muhammad SAW yang harus diikuti oleh umat Muslim.

Pos Terkait:  Kisah Mengharukan Ustadz Fadlan yang Mengislamkan Ribuan Warga Pedalaman Papua

Surat Al Fatihah bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit

Surat Al Fatihah memiliki banyak keajaiban dan salah satunya adalah dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit. Oleh karena itu, Surat Al Fatihah sering diamalkan sebagai terapi penyembuhan.

Surat Al Fatihah bisa membantu mengusir jin dan syaitan

Surat Al Fatihah juga diyakini bisa membantu mengusir jin dan syaitan. Oleh karena itu, Surat Al Fatihah sering diamalkan sebagai cara mengusir jin dan syaitan.

Kesimpulan

Surat Al Fatihah adalah surat yang sangat penting dalam Islam dan menjadi syarat sah shalat. Surat Al Fatihah mengandung banyak makna yang dalam dan mendalam. Surat Al Fatihah juga memiliki banyak keutamaan yang diakui oleh umat Muslim. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus senantiasa membaca Surat Al Fatihah dalam setiap shalat dan memahami makna di baliknya.