Ertugrul Ghazi dalam Sejarah Turki: Siapa Dia?

Posted on

Ertugrul Ghazi adalah tokoh penting dalam sejarah Turki yang menjadi sorotan akhir-akhir ini berkat serial televisi populer yang mengisahkan kisah hidupnya. Namun, siapa sebenarnya Ertugrul Ghazi dan apa peranannya dalam sejarah Turki?

Awal Kehidupan

Ertugrul Ghazi lahir di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Turki pada abad ke-13. Ia merupakan bagian dari suku Kayi, sebuah suku yang berasal dari Asia Tengah dan bermigrasi ke Anatolia pada abad ke-11. Ertugrul Ghazi adalah putra dari Suleyman Shah, pemimpin suku Kayi pada saat itu.

Perjuangan Melawan Mongol

Pada saat Ertugrul Ghazi hidup, wilayah Anatolia dikuasai oleh Kekaisaran Seljuk yang sedang mengalami masa sulit akibat serangan Mongol. Ertugrul Ghazi dan suku Kayi bergabung dengan Kekaisaran Seljuk dalam perjuangan melawan Mongol.

Salah satu momen penting dalam sejarah Ertugrul Ghazi adalah ketika ia membantu Sultan Aladdin Keykubat dalam menghadapi pasukan Mongol yang dipimpin oleh Noyan. Dalam pertempuran tersebut, Ertugrul Ghazi berhasil membunuh Noyan dan menghancurkan pasukan Mongol.

Pendiri Kesultanan Utsmaniyah

Setelah Kekaisaran Seljuk runtuh, Ertugrul Ghazi dan suku Kayi memutuskan untuk membangun kekuatan mereka sendiri. Mereka menetap di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Bursa dan berhasil membentuk sebuah negara kecil yang disebut Kesultanan Utsmaniyah.

Pos Terkait:  Bersetubuh saat Haid Sudah Berhenti, Tapi Belum Mandi

Ertugrul Ghazi sendiri meninggal pada tahun 1280 dan digantikan oleh putranya, Osman I, sebagai pemimpin Kesultanan Utsmaniyah. Osman I kemudian menjadi pendiri Kesultanan Utsmaniyah dan dinobatkan sebagai sultan pertama.

Membangun Kekuatan Militer

Salah satu kunci kesuksesan Kesultanan Utsmaniyah adalah kekuatan militernya. Ertugrul Ghazi dan suku Kayi dikenal sebagai pejuang yang tangguh dan telah membantu Kekaisaran Seljuk dalam melawan pasukan Mongol.

Setelah membentuk Kesultanan Utsmaniyah, Osman I melanjutkan tradisi ayahnya dan membangun kekuatan militer yang tangguh. Selama beberapa abad, Kesultanan Utsmaniyah menjadi kekuatan militer terbesar di dunia dan memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Eropa, Asia, dan Afrika.

Warisan Ertugrul Ghazi

Meskipun Ertugrul Ghazi sendiri hanya hidup selama beberapa dekade, warisannya tetap terasa hingga saat ini. Ia dianggap sebagai tokoh yang berjasa dalam membangun Kesultanan Utsmaniyah dan membantu melawan pasukan Mongol.

Selain itu, kisah hidup Ertugrul Ghazi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama di Turki. Serial televisi yang mengisahkan kisah hidupnya, Diriliş: Ertuğrul, menjadi sangat populer dan memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia.

Kesimpulan

Ertugrul Ghazi adalah tokoh penting dalam sejarah Turki yang memiliki peran penting dalam melawan pasukan Mongol dan membangun Kesultanan Utsmaniyah. Meskipun hanya hidup selama beberapa dekade, warisannya tetap terasa hingga saat ini dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.