Umum

Ayat Alquran tentang Bersyukur

×

Ayat Alquran tentang Bersyukur

Share this article

Pendahuluan

Bersyukur merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan terima kasih yang dilakukan manusia kepada Allah SWT. Selain itu, bersyukur juga merupakan salah satu tanda keimanan seorang muslim. Dalam Alquran, terdapat banyak ayat yang mengajarkan tentang pentingnya bersyukur. Berikut ini beberapa ayat Alquran tentang bersyukur.

Ayat Alquran tentang Bersyukur

1. QS. Ibrahim ayat 7

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih.”

Ayat ini memperlihatkan bahwa dengan bersyukur, Allah SWT akan menambahkan nikmat kepada hamba-Nya. Oleh karena itu, sebagai hamba yang beriman, kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

2. QS. Luqman ayat 12

“Dan sesungguhnya Luqman memberi pelajaran kepada anaknya, lalu ia berkata: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”

Ayat ini mengajarkan bahwa salah satu bentuk bersyukur adalah dengan tidak mempersekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun. Sebagai hamba yang beriman, kita harus senantiasa berusaha untuk menjalankan perintah Allah SWT dan tidak melakukan hal yang dapat membuat diri kita menjadi musyrik.

Pos Terkait:  Ustadz Adi Hidayat: The Inspirational Islamic Preacher

3. QS. Ar-Ra’d ayat 15

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun, kemudian mereka ditimpa bahaya yang dahsyat.”

Ayat ini mengajarkan bahwa salah satu bentuk bersyukur adalah dengan mengambil pelajaran dari sejarah dan peristiwa yang terjadi sebelumnya. Dalam ayat ini, Allah SWT mengingatkan kita tentang kisah Nuh AS dan bagaimana ia bersyukur kepada Allah SWT dalam setiap peristiwa yang terjadi di hidupnya.

4. QS. Al-Baqarah ayat 152

“Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Ayat ini mengajarkan bahwa salah satu bentuk bersyukur adalah dengan selalu mengingat Allah SWT dan merenungkan nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Sebagai hamba yang beriman, kita harus senantiasa mengucapkan syukur kepada Allah SWT dalam setiap kesempatan yang ada.

Kesimpulan

Bersyukur merupakan salah satu tanda keimanan seorang muslim. Dalam Alquran, terdapat banyak ayat yang mengajarkan tentang pentingnya bersyukur. Oleh karena itu, sebagai hamba yang beriman, kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan dan selalu mengambil pelajaran dari sejarah dan peristiwa yang terjadi sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan berkah serta kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Pos Terkait:  Pengertian Munasabah dan Bentuk-bentuknya