Islam Edu

Urgensi Edukasi Ilmu Tauhid Dalam Keluarga

×

Urgensi Edukasi Ilmu Tauhid Dalam Keluarga

Share this article
Urgensi Ilmu Tauhid Dalam Keluarga
Urgensi Ilmu Tauhid Dalam Keluarga

Iqipedia.com – Pendidikan ilmu tauhid sangat lah penting, pendidikan ilmu tauhid adalah sebagi landasan pertama yang harus dimiliki oleh seseorang muslim di bumi ini. Tauhid di ibaratkan sebagai akar dari sebuah pohon  kuat atau tidaknya sebuah pohon subur atau matinya  pohon tergantung pada akarnya. Oleh karena itu ilmu tauhid ini menjadikan seorang muslim patuh dan taat kepada Allah. Adanya tauhid ini tidak hanya berpengaruh dari segi keimanan dan ketaqwaan seseorang saja akan tetapi tauhid juga berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan zaman, ini juga berdampak pula bagi proses berfikir manusia pada masa sekarang. Manusia juga sering mengalami perilaku-perilaku yang menyimpang juga. Perilaku tersebut antara lain adalah kekerasan pada anak-anak, pencabulan terhadap anak di bawah umur hingga maraknya narkoba, alkohol dan minuman keras lainnya. hal tersebut di sebabkan oleh banyak faktor antara lain adalah dari segi kualitas kimanan yang cenderung kurang pada diri seseorang tersebut maka kualitas keislamannya juga kurang. 

Permasalahan tersebut tentunya memerlukan perhatian khusus dan hanya dapat di selesaikan dengan arahan pendidikan karena pendidikan merupakan hal yang sangat pnting untuk merubah pola pikir seseorang. Pendidikan yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut adalah pendidikan keislaman salah satunya adalah pendidikan tentang kimanan (tauhid). Pendidikan seseorang juga di pengaruhi dari segi keluarga karena pendidikan adalah suatu tanggung jawab bagi keluarga selain itu juga masyarakat dan pemerintah. Akan tetapi dalam Islam di jelaskan pendidikan yang pertama  dan utama adalah dari orang tua . Sebab berhasil atau tida seorang anak di lihat dari proses orang tuanya dalam mendidik dan mperhatikan anaknya.

Pos Terkait:  Materi Ilmu Tauhid - WebBook

Sebagai manusia yang terlahir dari keluarga Islam tentunya orang tua harus menanamkan keimanan dan keislaman pada diri anak sejak dini agar sang anak memahami dan kelak ketika ia besar memiliki Budi pekerti yang baik. Orang tua sebagai tiang utama bagi berdirinya tauhid dan keislaman dalam lingkungan keluarga. Sehingga perlu bagi setiap orang yang akan menjadi orang tua harus memiliki tauhid yang baik agar dapat mendidik anak secara baik dari segi keislamanya. Dari penjelasan tersebu dapat di pahami bahwa pendidikan tauhid sangatlah pnting di lingkungan keluarga. Namun dapat di lihat pada masa sekarang pengaplikasian akan hal  tersebut sangat lah kurang disebabkan karena minimnya pengetahuan orang tua akan hal tersebut.