Islam EduTafsir

Gunung Meletus Perspektif Al-Quran dan Saint

×

Gunung Meletus Perspektif Al-Quran dan Saint

Share this article
gunung meletus
gunung meletus

Iqipedia.com – Gunung meletus sering terjadi akhir-akhir ini, padahal dalam Al-Quran di jelaskan bahwa gunung berfungsi sebagai pasak, hal ini terlampir dalam al-Quran surah An-Naba’ ayat 6-7, Allah berfirman:

اَلَمْ نَجْعَلِ الْاَرْضَ مِهٰدًاۙ وَّالْجِبَالَ اَوْتَادًاۖ

Artinya: “Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan  dan gunung-gunung sebagai pasak”

Dalam ayat lain di jelaskan bahwa gunung di ciptakan agar bumi tidak terguncang. Hal ini di firmankan Allah dalam Surah  An-Nahl ayat 15:

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ

Artinya:“Dia memancangkan gunung-gunung di bumi agar bumi tidak berguncang bersamamu serta (menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk”

Penjelasan ayat ini menunjukkan bahwa betapa tingginya fungsi gunung untuk stabilitas bumi sehingga dapat setabil seperti yang kita rasakan ini. Namun di sisi lain al-Quran menjelaskan bahwa gunung-gunung itu menjadi pasir yang tercurah sebagaimana firman Allah:

يَوْمَ تَرْجُفُ الْاَرْضُ وَالْجِبَالُ وَكَانَتِ الْجِبَالُ كَثِيْبًا مَّهِيْلًا

Artinya:  (Ingatlah) pada hari (ketika) bumi dan gunung-gunung berguncang keras dan gunung-gunung itu menjadi seperti onggokan pasir yang tercurah. (QS. Al-Muzammil: 14)

Ayat-ayat ini sebenarnya membicarakan letusan gunung pada hari kiamat. Walaupun ayat ini membicarakan letusan gunung pada hari kiamat tetapi letusan gunung yang yang mengeluarkan pasir ini sudah terjadi saat ini. Walaupun meletusnya gunung saat ini tidak bisa di samakan dengan letusan gunung saat hari kiamat tetapi letusan tersebut sama-sama meletus namun kadarnya masih kecil. Hal ini dapat di jadikan pelajaran dan hikmah bagi kita agar tetap intropeksi diri sehingga dapat memberi motivasi manusia agar memiliki tujuan hari kemuadian.

Pos Terkait:  Ikhlas dan Riya': Pengertian, Tips dan Derajatnya

Dalam fisika meletusnya gunung di akibatkan panasnya suhu dalam interior bumi yang menyebabkan terbentuknya magma. Pada suhu yang  sangat  panas  dapat  melelehkan  batuan-batuan  dalam  bumi  sehingga  menghasilkan  gas-gas  dan  gas-gas tersebut  dapat  bercampur  dengan  magma.  Magma  yang  mengandung  gas  sedikit  demi  sedikit  naik  ke permukaan karena memiliki massa yang ringan dan mudah terapung. Magma tersebut tertumpuk pada kantong  magma dan lama-lama menutupi lubang kantong magma. Sementara gas  dan batuan terus memberikan tekanan  yang  tinggi  pada  magma  dari  bagian  bawah  magma.  Apabila  tekanan  di  bawah  magma  lebih  besar dibandingkan tekanan dari atas magma maka akan terjadi perbedaan tekanan dan magma akan terdorong keluar, sehingga mengakibatkan adanya getaran dan gelombang yang menyebabkan letusan yang keluar melalui celah yang  utama.

Selanjutnya magma kelur dalam bentuk gas, debu dan cairan berupa lava. Aktivitas tersebut sangat  sederhana apabila hanya dijelaskan secara garis besar, sebenarnya banyak aktivitas fisis dan kimiawi  yang terjadi  pada  proses  meletusnya  gunung  sehingga  dapat  meningkatkan  aktivitas gunung  selanjutnya  akan dibahas secara lebih detail.

Ya itulah sedikit penjelasan gunung meletus, semoga dapat menambah wawasan saudara.

Terimakasih.

Penulis Abd. Muqit

Pos Terkait:  Sifat-Sifat Allah: Sifat Wajib, Sifat Muhal dan Sifat Jaiz Allah