Doa

Doa Mensyukuri Nikmat

×

Doa Mensyukuri Nikmat

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Allah Swt telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita semua. Oleh karenanya, bacaan doa mensyukuri nikmat ini menjadi doa yang harus kita ketahui dan hafalkan. Karena barang siapa yang bersyukur maka Allah akan memberikan kenikmatan yang lebih kepada dirinya. Sebagaimana kita ketahui dan rasakan, betapa besar dan luasnya nikmat yang telah Allah Swt berikan kepada kita semua. Mulai dari nikmat sehat, umur, rezeki, jodoh, oksigen hingga nikmat kebebasan yang kita rasakan.

Doa Mensyukuri Ni’mat

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya :   “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku (ilham dan kemampuan) untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk tetap mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai. (Aku memohon pula) masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (An-Naml/27:19)

 

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ 

Artinya :   “Wahai Tuhanku, berilah petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dapat beramal saleh yang Engkau ridai, dan berikanlah kesalehan kepadaku hingga kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.” (Al-Ahqaf/46:15)

Pos Terkait:  Doa Mohon diberi Rohmat dan Petunjuk

Mengutip laman NU Online, terdapat tiga cara untuk mengungkapkan rasa syukur diantaranya yakni pertama dengan aktivitas lisan seperti mengucap ‘alhamdulillah’ atau hamdalah. Kedua, melalui aktivitas hati yang bisa diwujudukan dengan perasaan senang, ikhlas, dan rela dengan apa yang sudah ada. Ketiga, dengan aktivitas fisik seperti berbagi kepada sesama. 

Demikian bacaan doa menyukuri nikmat yang dapat diamalkan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’alam.

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.