HikmahIslam Edu

Hikmah Puasa Dapat Menurunkan Kolesterol

×

Hikmah Puasa Dapat Menurunkan Kolesterol

Share this article
Puasa Dapat Mencegah Racu
Puasa Dapat Mencegah Racu

Iqipedia.com- Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dan juga hal-hal yang membatalakan puasa dalam keseharian penuh. Dalam Agama Islam puasa ada yang wajib dan ada pula yang sunnah. Puasa yang wajib hanya puasa ramadhan, sebagaiman yang termaktub dalam firman Allah Swt:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqoroh: 183)

Dalam Islam puasa tidak hanya wajib bagi umat Nabi Muhammad Saw. saja, melainkan juga wajib bagi umat-umat Nabi sebelum Nabi Muhammad Saw. Lalu terdapat pertanyaan menggelitik dalam hati dan bertanya kenapa puasa itu di wajibkan bagi setiap umat, lalu apa rahasianya?

Dari beberapa literatur keislaman di jelaskan bahwa puasa di wajibkan agar mengingatkan umat manusia agar ingat kepada sesama yang du’afa’ dan fakir agar mau bersedekah. Tetapi dalam dunia kesehatan puasa ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan seseorang. Hal ini terjadi mengingat salah satu faktor sumber penyakit adalah dari makanan yang di konsumsi seseorang. Sedangkan seseorang yang berpuasa ia menahan diri dari makan dalam siang hari, dengan demikian ia sudah mengurangi datangnya penyakit kepadanya.

Hikmah Puasa Ramadhan Dapat Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan menyebabkan seseorang menyebabkan seseorang aterosklerosis, yaitu seseorang mengalami  kondisi penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri yang berdampak kepada penymbatan darah dan penyakit jantung koroner, hal ini membahayakan kesehatan seseorang.

Pos Terkait:  Malam Lailatul Qodar, Cara Mendapatkan dan Keutamaannya

Salah satu yang dapat mencegah kolesterol tinggi yang berpuasa. Seseorang yang berpuasa maka dapat manahan diri banyak mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat mengurangi kolesterol itu sendiri. Dalam sebuah riset di america yang di muat dalam jurnal American Journal of Applied Sciences pada tahun 2007 menunjukkan fakta yang sungguh luar biasa, yaitu puasa ramadhan dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengikatkan kolesterol baik. Riset ini dilakukan untuk  mengetuahui  dampak puasa Ramadan terhadap profil lipid plasma dan glukosa serum kepada sejumlah beberapa mahasiswa disana.

Faktor yang mencegah kolesterol jahat tersbut itu jadi lantaran manusia ketika berpuasa mengubah kebiasaan pola makannya, yang pada hari biasa ia makan sesukanya dan tidak di batasi dengan waktu-waktu tertentu. berbeda ketika ia berpuasa maka ia harus menahan makanan, sehingga ia dapat mencegah makanan yang memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan lain yang dapat meningkatkan kolesterol.

Kesimpulan

Salah satu yang dapat mencegah kolesterol tinggi yang berpuasa. Seseorang yang berpuasa maka dapat manahan diri banyak mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat mengurangi kolesterol itu sendiri. Dalam sebuah riset di america yang di muat dalam jurnal American Journal of Applied Sciences pada tahun 2007 menunjukkan fakta yang sungguh luar biasa, yaitu puasa ramadhan dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengikatkan kolesterol baik.

Pos Terkait:  Aliran- Aliran Islam Pada Masa Modern

Sekian penjelasan “Hikmah Puasa Menurunkan Kolesterol” semoga bermanfaat.

Penulis: Abd. Muqit