Doa

Doa Agar di Beri Rohmat dan Terjaga dari Kesesatan

×

Doa Agar di Beri Rohmat dan Terjaga dari Kesesatan

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Di era disrupsi ini, pembelajaran keagamaan mengalami perubahan total. Ruang kelas mengalami evolusi dengan pembelajaran digital yang memberikan pengalaman pembelajaran yang serba instan. Di zaman sekarang ini, ajaran-ajaran yang tersebar di media sosial pun akan dapat membawa kepada kesesatan jika tidak dipahami dan dikaji lebih lanjut. Agar terhindar dari kesesatan, maka umat Islam dapat membaca doa agar diberi rohmat dan terjaga dari kesesatan.

Dengan membaca doa ini, umat Islam akan selalu berada di jalan yang benar, tidak condong pada kesesatan, akan mendapat petunjuk, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Berikut doa untuk menghindari kesesatan:

Doa Agar di Beri Rohmat dan Terjaga Dari Keesatan

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Artinya “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau memberi petunjuk kepada kami; dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (rahmat)” (Ali Imran: 8)

Doa ini dibaca oleh ahli ilmu yang beriman kepada keagungan Alquran. Mereka berdoa kepada Allah Swt agar tetap dalam jalan kebenaran, tidak condong kepada kesesatan setelah mendapatkan petunjuk, serta memohon curahan rahmat‐Nya.

Pos Terkait:  Doa Saat Bersin dan Mendengar Orang Lain Bersin

Berdasarkan tafsir Tahlili terbitan Alquran Kementerian Agama terkait ayat tersebut dijelaskan bahwa sikap orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam, mereka selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah swt, bila mereka tidak sanggup lagi memikirkan ayat-ayat Allah.

Mereka berdoa kepada Allah agar selalu dipelihara, dipimpin, diberi petunjuk, dan jangan sampai mereka tergelincir ke jalan yang sesat setelah mereka mendapat petunjuk. Dari doa mereka dipahami bahwa yang mereka mohonkan itu bukanlah semata-mata keselamatan dan kebahagiaan duniawi, tetapi juga mereka memohon kebahagiaan dan keselamatan di akhirat.

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.