Doa

Doa Sapujagat Untuk Kebaikan Dunia Akhirat

×

Doa Sapujagat Untuk Kebaikan Dunia Akhirat

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Doa sapu jagat merupakan bacaan kebaikan yang mencakup permohonan untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Bahkan doa sapu jagat menjadi lafal yang banyak dibaca oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebagai umat Islam, alangkah baiknya bisa mengikuti suri tauladan Rasulullah SAW. Seringnya Nabi membacanya dinilai menjadi betapa pentingnya doa sapu jagat ini.

Ditambah lagi, Nabi Muhammad kerap melafalkan doa sapu jagat selama i’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, di samping bertadarus, Rasulullah merenung sambil berdoa.

Memanjatkan doa kepada Allah SWT merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus dijaga. Ini juga merupakan cara untuk menunjukkan keimanan dan kepercayaan, dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta supaya mendapatkan kehidupan yang lancar serta berkah.

Selain memohon supaya memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat, doa sapu jagat juga memantapkan hati dalam melangkah. Berharap bahwa kemuliaan dan kebaikan dari Allah SWT akan bersifat tanazzalul atau berkesinambungan.

Doa Sapujagat Untuk Kebaikan Dunia Akhirat

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.”

Keutamaan Doa Sapu Jagat

1. Mengikuti ajaran Rasul

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim diterangkan bahwa doa sapu jagat merupakan doa yang paling banyak dibacakan oleh Rasul. Berikut hadisnya:

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Pos Terkait:  Doa Saat Mendapatkan Mimpi Indah dan Buruk

“Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah Allahumma, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina adzabannar.’ (HR Bukhari dan Muslim).”

2. Memohon kebaikan di dunia

Doa ini memiliki arti meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk hidup di dunia dan akhirat. Kebaikan-kebaikan itu bisa berupa kebaikan dalam bersikap, ditempatkan bersama orang-orang berilmu baik, kemudahan rezeki, keberkahan usia dan kesehatan, serta dijauhkan dari ancaman bahaya.

3. Memohon keselamatan di akhirat

Selain memohon kebaikan di dunia, doa sapu jagat juga memiiki arti memint kebaikan serta keselamatan di akhirat kelak. Misal, meminta perlindungan agar dijauhkan dari fitnah akhirat yang bisa memberatkan amal keburukan dan dijauhkan dari siksaan api neraka.

Doa sapu jagat bisa diamalkan setelah salat, baik salat fardhu maupun sunnah. Doa sapu jagat juga disarankan untuk diamalkan setelah memanjatkan beberapa doa lainnya.

 

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.