Menu

Mode Gelap

Doa

Doa Mohon Curahan Rahmat dan Ampunan


 Doa Agar Diberi Hikmah Perbesar

Doa Agar Diberi Hikmah

Advertisements

IQIPEDIA.COM – DOA. Setiap manusia pasti menghendaki dirinya selalu mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah, karena manusia itu adalah makhluk yang lemah di hadapan-Nya. Sebagai makhluk yang tidak luput dengan khilaf, Rasulullah SAW telah mengajarkan umatnya untuk memanjatkan doa meminta rahmat.

Sebab, Allah SWT sangat menyukai orang yang berdoa. Terlebih lagi, Allah SWT senantiasa menerima taubat dari hamba-Nya. Oleh karena itu, kita harus selalu melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, serta tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah untuk meminta rahmat, ampunan, terhindar dari dosa, di akhirat masuk surga dan selamat dari neraka. Adapun doa yang sangat baik dipanjatkan kepada Allah adalah seperti di bawah ini:

Ada sebuah hadis yang diriwayatkan melalui IbnuMas’ud radhiyallaahu ‘anhu. Ia menceritakan bahwa diantara doa yang diucapkan oleh Rasulullah Saw ialah:

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ اِنِّى ظَلَمْتُ نفَسِى ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلاَيغفِرُ الذُّنوُبَ اِلا اَنْتَ فَاغْفِرْلِى مَغفْرَة مِنْ عِنْدِكَ وَارْحمْنِى اِنَّكَ اَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya: “Ya Allah, aku telah banyak berbuat zhalim terhadap diriku sendiri, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau, maka curahkanlah ampunan dan belas kasih kepadaku dari sisi-Mu. Sungguh Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Advertisements

Mudah-mudahan dengan senantiasa berdoa kepada Allah, Hidup kita semua senantiasa dalam keadaan yang sebaik-baiknya.

Doa merupakan bentuk ibadah yang mulia, karena dengan berdoa berarti seorang hamba telah merendahkan dirinya dengan memohon dan meminta kepada Dzat Yang Mahamulia, Allah SWT.

Menurut penelitian di UIN Sunan Ampel Surabaya tentang penafsiran terhadap surat Az-Zumar ayat 53-54, menunjukkan bahwa adanya tentang larangan berputus asa dari rahmat Allah SWT.

Yang dimaksud dengan larangan berputus asa tersebut adalah larangan berputus asa dari ampunan Allah SWT, yaitu dengan cara kembali dan berserah diri kepada Allah.

Advertisements

Sedangkan yang dimaksud dengan rahmat adalah ampunan Allah SWT. Karena sesungguhnya Allah senantiasa mengampuni semua dosa hamba-hamba-Nya kepada yang benar­ benar ingin bertaubat, kembali dan berserah diri kepada Allah.

Sebab, di antara doa yang paling penting untuk dipanjatkan doa meminta rahmat dan ampunan ini. Dirinya berharap diampuni segala dosa yang pernah dilakukan, serta rahmat untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Demikian kumpulan doa meminta rahmat kepada Allah SWT. Jangan lupa dipanjatkan sambil memohon sungguh-sungguh kepada Sang Pencipta.

Baca Juga : Doa Sayyidul Istighfar

Advertisements
Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 81 kali

Baca Lainnya

Bacaan Doa Iftitah, Artinya dan Keutamaannya

14 Juni 2022 - 19:11

doa iftitah

Doa Agar Terhindar dari orang-orang Zhalim

5 Mei 2022 - 03:44

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Doa Agar Diberi Bangunan Indah di Surga

5 Mei 2022 - 03:41

Doa Agar Diberi Hikmah

Doa Agar Diberi Hikmah

5 Mei 2022 - 03:38

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Agar Diberi Kedudukan yang Mulia

5 Mei 2022 - 03:32

Agar Diberi Kedudukan yang Mulia

Doa Mohon Rizqi

5 Mei 2022 - 03:30

Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Trending di Doa