Doa

Doa Berlindung dari Keburukan

×

Doa Berlindung dari Keburukan

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Doa – IQI Pedia.com.  Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Saat ini kami akan menyajikan kembali kumpulan do’a singkat namun penuh makna. Do’a ini disajikan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah dalam kitabnya Riyadhus Sholihin. Do’a yang akan kita angkat adalah doa berlindung dari keburukan kaya dan miskin. Doa ini teramat penting bagi kita karena kadang kekayaan dan kemiskinan mendatangkan kebaikan, kadang pula mendatangkan keburukan. Semoga bermanfaat.

Doa Berlindung dari Keburukan

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ كُلِّ خَيْرٍ مَا سَأَلَكَ مِنْه نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ، وَنعَوْذُبِكَ مِنْ كُلِّ شَرٍّ مَااسْتَعَاذَكَ مِنْه نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ .وَاَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَعَلَيْكَ الْبَلاَغ وَلاَحَوْلَ ولَا قَوَّة اِلا بِاللهِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebajikan sebagaimana yang dimohon oleh nabi-Mu Muhamad. Dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejelekan sebagajmana yang nabi-Mu Muhamad mohon perlindungan. Engkaulah Yang Maha Pemberi Pertolongan, dan kepada-Mulah puncak segala pengharapan. Tiada daya upaya untuk meninggalkan ma’siat dan tiada kekuatan untuk melakukan ibadah kecuali atas pertolongan Allah.”

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang merupakan sosok yang maksum, meminta perlindungan kepada Allâh dari berbagai keburukan, agar senantiasa komitmen dan istiqamah dalam menghadirkan rasa takut kepada Allâh, selalu mengagungkan dan menyanjung kebesaran-Nya serta untuk menunjukkan betapa Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa membutuhkan-Nya. Dan ini adalah pengajaran dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya, agar mereka meneladani Beliau. Padahal amalan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keseluruhannya, yang lalu maupun yang setelahnya, semuanya baik semata, tak ada keburukannya.

Pos Terkait:  Doa Selamat dari Kedengkian

Doa ini memuat permintaan perlindungan dari semua keburukan, baik yang telah dilakukan seorang hamba ataupun belum. Baik di waktu lalu, sekarang, ataupun yang akan datang. Karena bila keburukan telah terhimpun dalam diri seseorang, maka itu akan merusak agama, dunia dan akhiratnya.

Meminta perlindungan dari keburukan yang telah dilakukan, artinya meminta perlindungan dari buruknya amalan, di mana hal tersebut memerlukan ampunan Allâh Azza wa Jalla . Maksudnya adalah meminta ampun atas apa yang telah dilakukan.

Sedangkan meminta perlindungan dari apa yang belum dilakukan adalah berlindung kepada Allâh dari buruknya amalan pada waktu yang akan datang yang tidak diridhai Allâh Azza wa Jalla . Yaitu meminta agar Allâh Azza wa Jalla menjaganya dari amalan tersebut. Karena tidak ada yang bisa merasa aman dari adzab Allâh Azza wa Jalla kecuali orang-orang yang merugi,  Atau bisa pula makna ungkapan ini adalah meminta perlindungan dari keburukan yang timbul karena merasa takjub dan besar diri karena telah  meninggalkan hal-hal  buruk. Akan tetapi wajib atasnya untuk melihat hal  itu sebagai karunia Allâh Azza wa Jalla . Atau maknanya adalah meminta perlindungan dari buruknya amalan orang lain; seperti dalam firman Allâh Azza wa Jalla.

Pos Terkait:  Doa Buka Puasa

Singkat kata, termuat di dalam doa ini meminta perlindungan kepada Allâh dari semua keburukan dunia dan akhirat, yang dilakukan seseorang ataupun orang lain, yang mengundang siksa Allâh di dunia dan akhirat, meskipun hal itu tidak dimaksudkan. Maka dari itu, teruslah antusias wahai hamba Allâh untuk melantunkan doa agung ini. Dan jadikanlah itu di antara doa yang seringkali engkau panjatkan, sebagai wujud meneladani Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam .

Dengan istiqomah berdoa semoga menjadikan hidup saudara lebih baik, Amin. Terimakasih.