Doa

Doa Ketika Susah Tidur, Pas Banget Untuk Orang Insomania

×

Doa Ketika Susah Tidur, Pas Banget Untuk Orang Insomania

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Ada kalanya kita mengalami kondisi susah tidur. Pikiran melayang kemana-mana tanpa kita sadari, dan terus berlangsung hingga larut malam bahkan dini hari.  Bila terus berlanjut, kondisi kurang tidur ini dapat mengganggu kesehatan. Kita perlu berikhtiar dengan membaca doa saat susah tidur. Ada banyak alasan yang bisa membuat seseorang susah tidur. Di antara beberapa solusi yang ada, membaca doa ketika susah tidur dari Rasulullah SAW tentunya bisa dicoba.

Seperti yang dilansir dari doa saat Susah Tidur, dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah saw. Menurutnya, dirinya semalaman tidak bisa tidur. Bujang Rasulullah saw itu hanya tergolek di pembaringan dalam keadaan jaga. Ia gelisah. Pikiran dan batinnya mengembara kian kemari.

Rasulullah saw kemudian mengajarinya doa yang dapat mengatasi kesulitan tidur karena gelisah. Inilah doanya.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ

لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah “tenggelam”, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Anda juga dapat membaca doa ini apabila mengalami susah tidur.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَأَتِ الْعُيُوْنُ وَاَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمٌ لَا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَاَنِمْ عَيْنِيْ

Artinya: Ya Allah telah tenggelam bintang-bintang, mata-matapun juga sudah lelap dalam tidur. Sedangkan Engkau Maha hidup lagi Maha Berdiri serta tidak ngantuk dan tidak tidur. Wahai Dzat Maha Hidup lagi Maha Berdiri, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.

Zaid pun mengikuti anjuran Rasulullah. “Alhamdulillah, Allah hilangkan kegelisahan yang kuhadapi jelang istirahat di tempat tidur,” kata Zaid.

Pos Terkait:  Doa Setelah Minum

Doa tersebut dicantumkan Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Semoga doa tersebut dapat membantu siapa saja yang sedang mengalami susah tidur.

Baca juga: Doa sebelum Tidur Dan Sesudahnya