Doa

Doa Keluar Kamar Mandi

×

Doa Keluar Kamar Mandi

Share this article
Doa Agar Diberi Hikmah
Doa Agar Diberi Hikmah

Kamar mandi atau toilet tempat untuk membuang segala kotoran baik buang air kecil, buang air besar, mandi, cuci muka, dan lain sebagainya. Islam menganjurkan kita untuk membaca doa keluar kamar mandi, WC, atau toilet. Islam menganjurkan kita untuk meminta ampun dan bertahmid setelah keluar kamar kecil, WC, atau toilet.

Doa Keluar Kamar Mandi

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اّلْحَمْدُ لِلَّهِ اَلَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ

Artinya: Segala puji milik Allah yang telah menghilangkan penyakit dariku dan memberi Kesehatan.

Doa keluar kamar kecil, WC, atau toilet ini dibaca oleh Rasulullah saw. Redaksi “ghufrānaka” pada doa ini dapat dirujuk dalam Kitab Sunan Abi Dawud dan Sunan At-Tirmiżi. Adapun redaksi berikutnya diriwayatkan oleh Sunan An-Nasa’i dan Sunan Ibni Majah. Doa ini diriwayatkan oleh Siti Aisyah ra:

ثم سبب الحمد في هذا المقام ترادف الفضل والإنعام على المتبرز بإزالة ضرر ما في جوفه الذي لو بقي منه أدنى شيئ لأضرّ إضرارا بينا

Artinya, “Sebab tahmid atau hamdalah pada konteks ini setara dengan keutamaan dan syukur nikmat atas keluarnya zat yang akan mengganggu metabolisme tubuh bila tetap bertahan di dalamnya. (al-Futūhāt al-Rabbāniyyah ‘alā al-Ażkār al-Nawāwiyyah, juz I/404).

Pos Terkait:  Doa-Doa Lengkap Yang Ada Dalam Al Qur’an

Itulah doa keluar kamar mandi. Semoga kamu termasuk orang yang mengamalkan dan mengaplikasikan doa-doa di setiap kegiatan yang dilakukan

Baca juga: Doa ketika Memasuki Kamar Mandi