Doa Terhindar dari Godaan Syaiton
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Doa ketika Memasuki Kamar Mandi

Posted on

Doa – IQI Pedia.com Islam menganjurkan kita untuk membaca doa ketika memasuki kamar mandi. Islam menganjurkan kita untuk menyebut nama Allah atau membaca basmalah sebelum masuk ke kamar kecil/wc/toilet.
Berdasarkan keterangan hadis Rasulullah SAW, kamar mandi dan WC merupakan salah satu tempat bersarangnya iblis, termasuk juga jin dan setan.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bercerita, Iblis meminta tempat tinggal kepada Allah SWT seperti halnya Allah SWT memberikan tempat tinggal anak-anak Adam berada di bumi.

‘‘Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),’’ (HR. Bukhari).

Oleh sebab itu, maka kemudian iblis mengganggu dan menggoda setiap orang yang memasuki rumahnya, yakni berupa kamar mandi, jamban atau WC.

Berdasarkan informasi di atas, maka kita dianjurkan untuk membaca doa masuk WC dan kamar mandi.

Doa ketika Memasuki Kamar Mandi

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

بِسْمِ اللهِ اِللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثْ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah aku berlindung darikejahatan setan laki-laki dan setan perempuan.

Pos Terkait:  Doa Sayyidul Istighfar

Ada baiknya doa masuk kamar kecil/wc/toilet ini diawali dengan pembacaan basmalah. Pembacaan basmalah dapat menutup aurat manusia dari pandangan jin dan makhluk halus lainnya.

Doa ketika memasuki kamar mandi dibaca bukan hanya sebelum memasuki kamar kecil/wc/toilet. Doa masuk kamar kecil/wc/toilet juga dianjurkan untuk dibaca di ruang terbuka jika membuang air di alam terbuka pada situasi tertentu.

قال أصحابنا ويستحب هذا الذكر سواء كان في البنيان أو في الصحراء

Artinya, “Sahabat kami berkata, ‘Doa ini dianjurkan untuk dibaca (sebelum masuk) baik di kamar kecil/wc/toilet berbentuk bangunan maupun di padang tebuka,’” (Imam An-Nawawi, Al-Azkar, [Mesir, Darul Hadits: 2003 M/1424 H],).

Demikian doa masuk kamar kecil/wc/toilet dan ketentuannya dalam agama Islam. Wallahu a’lam.