Khutbah Jumat: 5 Ciri Orang Beriman dalam Al-Qur’an

Posted on

1. Taqwa sebagai Landasan

Orang beriman dalam Al-Qur’an ditandai dengan adanya taqwa yang kuat dalam dirinya. Taqwa merupakan landasan utama dalam menjalankan kehidupan beragama sehari-hari. Orang beriman senantiasa menjaga diri dari perbuatan dosa dan selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam Surah Al-Hujurat ayat 13, Allah berfirman, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu.”

2. Iman yang Kokoh

Orang beriman dalam Al-Qur’an memiliki iman yang kuat dan kokoh. Mereka tidak mudah tergoyahkan oleh keraguan atau godaan syaitan. Mereka meyakini dengan bulat bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa dan Muhammad SAW adalah Rasul-Nya. Dalam Surah Al-Anfal ayat 2, Allah berfirman, “Maka hanya orang-orang yang berimanlah yang bertakwa kepada Allah, apabila disebut nama-Nya, hati mereka bergetar dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, itu menambah iman mereka (yang telah ada) dan mereka bertawakal kepada Rabb mereka.”

Pos Terkait:  Kultum Ramadhan: Meraih Rahmat, Ampunan, dan Surga di Bulan Suci

3. Melaksanakan Shalat dengan Khusyu’

Orang beriman dalam Al-Qur’an senantiasa melaksanakan shalat dengan khusyu’ dan penuh khidmat. Mereka menyadari bahwa shalat adalah kewajiban utama dalam beribadah kepada Allah SWT. Dalam Surah Al-Muminun ayat 1-2, Allah berfirman, “Beruntunglah orang-orang yang beriman, yang khusyu’ dalam shalatnya.”

4. Berbuat Baik kepada Sesama

Orang beriman dalam Al-Qur’an senantiasa berusaha untuk berbuat baik kepada sesama manusia. Mereka tidak hanya memikirkan kebaikan diri sendiri, tetapi juga peduli terhadap kehidupan sosial di sekitarnya. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 83, Allah berfirman, “Dan (ingatlah juga), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israel (untuk mengikuti) bahwa mereka tidak menyembah selain Allah, berbuat baik kepada orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.”

5. Bersyukur atas Nikmat Allah

Orang beriman dalam Al-Qur’an senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Mereka tidak pernah mengeluh atau menggerutu terhadap takdir yang diberikan. Dalam Surah Ibrahim ayat 7, Allah berfirman, “Dan (ingatlah juga), ketika Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Pos Terkait:  Hukum Memakan Kepiting Menurut Islam

Sebagai kesimpulan, Al-Qur’an menjelaskan bahwa orang beriman ditandai dengan adanya taqwa yang kuat dalam dirinya, iman yang kokoh, melaksanakan shalat dengan khusyu’, berbuat baik kepada sesama, dan bersyukur atas nikmat Allah. Dengan menjalankan lima ciri ini, kita dapat memperkuat iman dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat menjadi orang beriman yang sejati dan mendapatkan keberkahan dalam hidup dunia dan akhirat. Aamiin.