Dalil dan Penjelasan tentang 20 Sifat Wajib bagi Allah

Posted on

Dalil dan Penjelasan tentang 20 Sifat Wajib bagi Allah

Apa itu Sifat Wajib bagi Allah?

Sifat Wajib bagi Allah adalah atribut-atribut yang melekat pada Allah SWT yang tidak dapat dipisahkan darinya. Terdapat 20 sifat wajib yang dikenal dalam agama Islam, dan dalam artikel ini kita akan membahasnya satu per satu.

1. Sifat Kebesaran (Al-Jalal)

Sifat Kebesaran menunjukkan bahwa Allah adalah Maha Agung, Maha Kuasa, dan Maha Mulia. Dalilnya terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Hashr ayat 24.

2. Sifat Kekekalan (Al-Qidam)

Sifat Kekekalan menunjukkan bahwa Allah adalah Maha Abadi dan tidak terbatas oleh waktu. Dalilnya terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Hadid ayat 3.

3. Sifat Kehidupan (Al-Hayat)

Sifat Kehidupan menunjukkan bahwa Allah adalah Maha Hidup dan memberi kehidupan kepada semua makhluk-Nya. Dalilnya terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 255.

4. Sifat Pengetahuan (Al-Ilm)

Sifat Pengetahuan menunjukkan bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Dalilnya terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 29.

Pos Terkait:  Kaidah Ushul Fikih: Panduan Mendasar dalam Beragama Islam

5. Sifat Kehendak (Al-Iradah)

Sifat Kehendak menunjukkan bahwa Allah memiliki kehendak dan keputusan-Nya adalah yang terbaik. Dalilnya terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 186.

20. Sifat Pengampunan (Al-‘Afuww)

Sifat Pengampunan menunjukkan bahwa Allah adalah Maha Pengampun terhadap dosa-dosa hamba-Nya yang bertaubat. Dalilnya terdapat dalam Al-Quran Surah Al-Ghafir ayat 3.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, terdapat 20 sifat wajib bagi Allah yang masing-masing memiliki dalil tersendiri dalam Al-Quran. Mengenal dan memahami sifat-sifat ini membantu kita untuk lebih mengenal Allah dan meningkatkan rasa takut serta kasih sayang kepada-Nya. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sifat-sifat wajib bagi Allah.