Umum

Ini Pengertian Qadha dan Qadar

×

Ini Pengertian Qadha dan Qadar

Share this article

Pendahuluan

Qadha dan Qadar adalah dua konsep yang sangat penting dalam agama Islam. Kedua istilah ini sering digunakan untuk menjelaskan kepercayaan terhadap takdir dan kehendak Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari Qadha dan Qadar serta bagaimana konsep ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari umat Muslim.

Pengertian Qadha

Qadha secara harfiah berarti “menetapkan” atau “memutuskan” dalam bahasa Arab. Dalam konteks agama Islam, Qadha merujuk pada ketetapan atau keputusan Allah SWT yang sudah pasti terjadi di masa lalu. Dalam hal ini, Qadha mencakup segala hal yang sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak awal, termasuk peristiwa dan keadaan yang dialami oleh individu maupun umat manusia secara umum.

Misalnya, kapan seseorang dilahirkan, kapan seseorang meninggal dunia, atau bahkan kejadian-kejadian kecil dalam kehidupan sehari-hari seperti bertemu dengan seseorang atau mendapatkan rezeki. Semua ini adalah bagian dari Qadha yang sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak azali.

Pengertian Qadar

Sementara itu, Qadar berarti “mengukur” atau “menentukan nilai” dalam bahasa Arab. Dalam konteks agama Islam, Qadar merujuk pada kehendak Allah SWT yang mengatur segala sesuatu di alam semesta ini. Qadar mencakup segala peristiwa yang terjadi di masa kini dan akan datang.

Pos Terkait:  Doa Rasulullah SAW untuk Ibnu Abbas

Qadar mencakup pilihan dan keputusan manusia yang diberikan kebebasan oleh Allah SWT. Dalam hal ini, setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih dan bertindak, tetapi akibat dari pilihan dan tindakan tersebut sudah ditentukan oleh Allah SWT. Qadar juga mencakup segala hal yang terjadi di alam semesta ini, termasuk fenomena alam, bencana, dan kejadian-kejadian lainnya yang diatur oleh Allah SWT.

Hubungan Antara Qadha dan Qadar

Qadha dan Qadar saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Qadha adalah ketetapan Allah SWT yang sudah pasti terjadi di masa lalu, sedangkan Qadar adalah kehendak Allah SWT yang mengatur segala sesuatu di masa kini dan akan datang.

Qadha dan Qadar merupakan bukti dari kekuasaan dan kebijaksanaan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta. Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terjadi dan akan terjadi, serta memberikan kebebasan kepada manusia untuk memilih dan bertindak.

Akibat dari Kepercayaan terhadap Qadha dan Qadar

Kepercayaan terhadap Qadha dan Qadar memiliki dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim. Dengan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah ketetapan dan kehendak Allah SWT, umat Muslim dapat menerima dan menghadapi berbagai situasi dengan ikhlas dan tawakal.

Pos Terkait:  Arti Mimpi tentang Ikan, Buaya, dan Katak

Kepercayaan terhadap Qadha dan Qadar juga memberikan ketenangan dan kepastian dalam menghadapi tantangan hidup. Umat Muslim tidak perlu merasa khawatir atau cemas karena mereka yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari rencana Allah SWT yang paling baik.

Penjelasan dalam Al-Quran dan Hadis

Pengertian Qadha dan Qadar juga ditemukan dalam Al-Quran dan Hadis. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Balad ayat 4-5, “Kami telah menciptakan manusia dalam susah payah. Apakah dia mengira bahwa tidak ada yang akan menguasainya? Dia berkata, ‘Aku telah melahirkannya dengan berat dan susah payah.'” Ayat ini menunjukkan bahwa kehidupan manusia sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak awal.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menulis takdir makhluk-Nya lima puluh ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” Hadis ini menggambarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak jauh sebelumnya.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, Qadha dan Qadar adalah konsep yang sangat penting. Qadha merujuk pada ketetapan atau keputusan Allah SWT yang sudah pasti terjadi di masa lalu, sedangkan Qadar mengacu pada kehendak Allah SWT yang mengatur segala sesuatu di masa kini dan akan datang.

Pos Terkait:  Doa saat Bersedekah

Kepercayaan terhadap Qadha dan Qadar memberikan ketenangan dan kepastian dalam menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan. Umat Muslim yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari rencana Allah SWT yang paling baik.

Sebagai umat Muslim, penting bagi kita untuk memahami dan menerima konsep Qadha dan Qadar ini dengan tawakal dan ikhlas. Dengan demikian, kita dapat menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan dan ketenangan, menghadapi tantangan hidup dengan ikhlas, serta berusaha untuk selalu berbuat baik sesuai dengan kehendak Allah SWT.