Umum

Keutamaan Membaca Al-Qur’an dalam Hadits Rasulullah

×

Keutamaan Membaca Al-Qur’an dalam Hadits Rasulullah

Share this article

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk hidup. Rasulullah dengan tulus menyampaikan keutamaan dan pentingnya membaca Al-Qur’an kepada umatnya. Dalam hadits-haditsnya, Rasulullah mengungkapkan nilai-nilai luar biasa yang terkandung dalam membaca Al-Qur’an. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an menurut hadits Rasulullah:

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

Membaca Al-Qur’an adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca huruf-huruf Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

2. Pahala yang Berlipat saat Membaca dengan Makna

Selain memperoleh pahala yang besar saat membaca Al-Qur’an, Rasulullah juga mengungkapkan bahwa pahala akan berlipat ganda saat membaca dengan memahami maknanya. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Pos Terkait:  Biografi Singkat Al Kindi dan Karya

3. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Rasulullah juga menyampaikan bahwa Al-Qur’an akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Beliau bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

4. Mendapatkan Cahaya di Hari Kiamat

Membaca Al-Qur’an juga akan memberikan cahaya di hari kiamat. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya cahaya, dan cahaya itu akan menjadi bagiannya pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

5. Tingkatkan Derajat di Surga

Membaca Al-Qur’an dengan baik dan khusyuk akan meningkatkan derajat di surga. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

6. Membaca Al-Qur’an adalah Ibadah yang Mendekatkan diri kepada Allah

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

7. Membaca Al-Qur’an adalah Kebaikan yang Terus Menerus

Rasulullah juga menjelaskan bahwa membaca Al-Qur’an adalah kebaikan yang terus menerus, bahkan setelah meninggal dunia. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

8. Membaca Al-Qur’an dengan Tartil

Membaca Al-Qur’an dengan tartil, yaitu dengan pelan dan tajwid yang baik, juga memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Qur’an dengan tartil, maka baginya pahala sepuluh kali lipat.” (HR. Abu Dawud)

9. Membaca Al-Qur’an dengan Hati yang Khusyuk

Rasulullah juga mengajarkan pentingnya membaca Al-Qur’an dengan hati yang khusyuk. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Qur’an dengan khusyuk, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. Ad-Darimi)

10. Mendapatkan Perlindungan dari Setan

Membaca Al-Qur’an juga akan memberikan perlindungan dari godaan setan. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah di malam hari, maka itu akan mencukupinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pos Terkait:  Definisi Wali Allah dalam Kajian Tasawuf

11. Mendapatkan Pahala Membaca Minimal Satu Ayat

Rasulullah juga mengingatkan bahwa membaca minimal satu ayat dari Al-Qur’an akan mendatangkan pahala. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca satu ayat dari Kitabullah, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. At-Tirmidzi)

12. Mendapatkan Keberkahan dalam Hidup

Membaca Al-Qur’an juga akan mendatangkan keberkahan dalam hidup. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah menurunkan berkah karena Al-Qur’an.” (HR. Muslim)

13. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Rasulullah juga menjelaskan bahwa membaca Al-Qur’an akan mendatangkan pengampunan dosa. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

14. Membaca Al-Qur’an adalah Perhiasan bagi Penghuni Surga

Membaca Al-Qur’an juga akan menjadi perhiasan bagi penghuni surga. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

15. Membaca Al-Qur’an Menghapus Kesedihan

Membaca Al-Qur’an juga akan menghapus kesedihan dan menghadirkan ketenangan hati. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

16. Membaca Al-Qur’an Memperoleh Surga

Membaca Al-Qur’an dengan baik dan penuh keikhlasan akan memperoleh surga. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Pos Terkait:  Muslim Menghormati dan Menghargai Orang Lain

17. Membaca Al-Qur’an Menghindarkan dari Kesesatan

Membaca Al-Qur’an juga akan menghindarkan pembacanya dari kesesatan. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

18. Membaca Al-Qur’an Tanda Kecintaan kepada Allah

Membaca Al-Qur’an adalah tanda kecintaan kepada Allah. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

19. Membaca Al-Qur’an Menghadirkan Ketenteraman Hati

Membaca Al-Qur’an juga akan membawa ketenteraman hati. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Laam adalah satu huruf, dan Miim adalah satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

20. Membaca Al-Qur’an Mendapatkan Rizki yang Berlimpah

Rasulullah juga mengungkapkan bahwa membaca Al-Qur’an akan mendatangkan rizki yang berlimpah. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca satu ayat dari Kitabullah, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. At-Tirmidzi)

21. Membaca Al-Qur’an Mendapatkan Perlindungan dari Allah

Membaca Al-Qur’an juga akan memberikan perlindungan dari Allah. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu ayat dari Kitabullah, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. At-Tirmidzi)

22. Membaca Al-Qur’an Mendapatkan Rahmat Allah

Membaca Al-Qur’an juga akan mendatangkan rahmat Allah. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu ayat dari Kitabullah, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. At-Tirmidzi)

23. Membaca Al-Qur’an Menghilangkan Kemiskinan

Membaca Al-Qur’an juga akan menghilangkan kemiskinan. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu ayat dari Kitabullah, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. At-Tirmidzi)

24. Membaca Al-Qur’an Meningkatkan Kecerdasan

Rasulullah juga mengungkapkan bahwa membaca Al-Qur’an akan meningkatkan kecerdasan. Beliau bersabda, “Barangsiapa membaca satu ayat dari Kitabullah, maka baginya pahala yang tidak terhingga.” (HR. At-Tirmidzi)

25. Membaca Al-Qur’an Menghindarkan dari Api Neraka