Umum

Hukum Tidak Ucapkan Salam Saat Nama Rasulullah Disebut

×

Hukum Tidak Ucapkan Salam Saat Nama Rasulullah Disebut

Share this article

Salah satu tuntunan agama Islam adalah untuk mengucapkan salam ketika bertemu dengan sesama muslim. Namun, ada beberapa kondisi di mana tidak dianjurkan untuk mengucapkan salam, salah satunya adalah saat nama Rasulullah disebut. Lantas, apa hukum tidak mengucapkan salam saat nama Rasulullah disebut? Berikut penjelasannya.

Asal Mula Larangan Mengucapkan Salam Saat Nama Rasulullah Disebut

Larangan mengucapkan salam saat nama Rasulullah disebut berasal dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dalam hadis tersebut, Rasulullah bersabda:

“Janganlah kamu membuat diriku seperti orang yang lebih baik di antara kamu. Siapa pun di antara kamu yang bertemu denganku, maka ucapkanlah salam. Dan janganlah mengangkat suara ketika berbicara denganiku seperti yang kamu lakukan ketika berbicara dengan orang lain. Dan janganlah kamu mengucapkan salam kepadaku sebelum aku mengucapkan salam kepadamu.”

Dari hadis ini, dapat diambil kesimpulan bahwa mengucapkan salam saat nama Rasulullah disebut tidak dilarang secara mutlak, namun Rasulullah meminta agar orang-orang tidak menganggap dirinya sebagai orang yang lebih istimewa.

Pos Terkait:  Ini Rahasia Hafalan Imam Syafii

Menghormati Nama Rasulullah

Salah satu alasan mengapa tidak dianjurkan untuk mengucapkan salam saat nama Rasulullah disebut adalah untuk menghormati beliau. Nama Rasulullah bukanlah nama biasa, melainkan nama yang memiliki makna dan keagungan yang tinggi. Oleh karena itu, tidak pantas bagi kita untuk mengucapkan salam saat nama beliau disebut.

Menghindari Kesalahan dalam Pengucapan Salam

Selain itu, menghindari pengucapan salam saat nama Rasulullah disebut juga dapat menghindari kesalahan dalam pengucapan salam. Sebagaimana kita ketahui, pengucapan salam harus dilakukan dengan benar sesuai dengan tuntunan agama Islam. Jika kita terburu-buru atau kurang fokus saat mengucapkan salam saat nama Rasulullah disebut, kemungkinan besar akan terjadi kesalahan dalam pengucapan salam tersebut.

Menghormati Rasulullah dengan Cara yang Lain

Bagi sebagian orang, menghindari pengucapan salam saat nama Rasulullah disebut mungkin terasa sulit. Namun, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menghormati beliau. Salah satunya adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mengikuti tuntunan agama Islam dengan sebaik-baiknya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak dilarang secara mutlak untuk mengucapkan salam saat nama Rasulullah disebut. Namun, hal ini sebaiknya dihindari agar nama beliau tetap dihormati dan untuk menghindari kesalahan dalam pengucapan salam. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menghormati beliau, seperti meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mengikuti tuntunan agama Islam dengan sebaik-baiknya.

Pos Terkait:  Manusia Tak Luput dari Dosa: Kenyataan Pahit yang Harus Diterima