Umum

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Falaq

×

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Falaq

Share this article

Pengenalan

Surat Al Falaq adalah salah satu surat dalam Al Quran yang terdiri dari lima ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat-surat pendek dan sering dibaca dalam shalat fardhu dan shalat sunnah.

Arti Kata Al Falaq

Kata “Al Falaq” dalam bahasa Arab memiliki arti “subuh” atau “pemisah”. Surat Al Falaq merupakan salah satu surat yang menceritakan tentang kekuasaan Allah SWT untuk memisahkan antara kebaikan dan keburukan.

Asbabun Nuzul Surat Al Falaq

Asbabun nuzul surat Al Falaq adalah ketika Rasulullah SAW sedang sakit, kemudian datanglah seorang Yahudi untuk mengadu kepada Rasulullah SAW. Yahudi tersebut mengatakan bahwa dia mengalami sakit karena sihir yang dilakukan oleh seseorang. Kemudian Allah SWT menurunkan surat Al Falaq dan surat An Naas untuk memberikan perlindungan kepada Rasulullah SAW dari sihir dan gangguan syaitan.

Isi Kandungan Surat Al Falaq

Surat Al Falaq terdiri dari lima ayat yang berisi tentang perlindungan dari segala bentuk kejahatan dan godaan syaitan. Berikut adalah isi kandungan surat Al Falaq:

Pos Terkait:  Kelebihan-Kelebihan yang Diberikan Allah pada Nabi Sulaiman

Ayat 1: Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan.

Ayat pertama surat Al Falaq mengajarkan kita untuk selalu berlindung kepada Allah SWT yang menguasai subuh atau pemisah antara malam dan siang. Dalam ayat ini juga disebutkan tentang kejahatan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, yang dapat menimbulkan bahaya dan kerusakan.

Ayat 2: Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

Ayat kedua surat Al Falaq mengajarkan kita untuk berlindung dari kejahatan malam yang gelap gulita. Selain itu, juga disebutkan tentang kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul dan kejahatan orang yang dengki.

Ayat 3: Dan dari kejahatan setan yang biasa menceroboh, dan dari kejahatan setan ketika dia bernafas (ketika manusia menguap atau merasa lelah).

Ayat ketiga surat Al Falaq mengajarkan kita untuk berlindung dari setan yang selalu menceroboh dan dari setan yang datang ketika manusia menguap atau merasa lelah.

Ayat 4: Dan dari kejahatan orang yang menghembus pada buhul-buhul (yaitu tukang sihir), dan dari kejahatan hasad apabila ia hasad.

Pos Terkait:  Tanda Istri Tak Bahagia Dalam Pernikahan

Ayat keempat surat Al Falaq mengajarkan kita untuk berlindung dari kejahatan orang yang menghembus pada buhul-buhul atau tukang sihir, dan dari kejahatan hasad atau iri hati.

Ayat 5: Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki, dan dari kejahatan setan yang biasa menceroboh, dan dari kejahatan setan ketika dia bernafas (ketika manusia menguap atau merasa lelah).

Ayat kelima surat Al Falaq merupakan pengulangan dari ayat pertama hingga ayat keempat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya perlindungan dari segala macam kejahatan yang dapat mengganggu kehidupan kita.

Manfaat Membaca Surat Al Falaq

Membaca surat Al Falaq memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:- Melindungi diri dari segala macam kejahatan dan godaan syaitan- Membuat hati menjadi tenang dan damai- Membuat pikiran menjadi lebih jernih dan fokus- Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Kesimpulan

Surat Al Falaq merupakan salah satu surat pendek dalam Al Quran yang memiliki isi kandungan tentang perlindungan dari segala macam kejahatan dan godaan syaitan. Membaca surat ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita, di antaranya adalah melindungi diri dari segala macam kejahatan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita rajin membaca surat Al Falaq dan memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam kejahatan.

Pos Terkait:  Contoh Soal Latihan dan Jawaban Fiqih