Umum

Ini Doa untuk Memohon Ampunan Allah SWT

×

Ini Doa untuk Memohon Ampunan Allah SWT

Share this article

Doa merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Dalam Islam, doa memiliki peranan yang sangat penting sebagai sarana untuk memohon rahmat, ampunan, dan perlindungan dari segala macam bahaya dan kesulitan. Salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh umat muslim adalah doa untuk memohon ampunan Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa untuk memohon ampunan Allah SWT:

1. Doa Istighfar

Doa istighfar adalah doa yang biasa dipanjatkan ketika seseorang merasa bersalah atau melakukan kesalahan. Doa ini juga sering dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon ampunan Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa istighfar:

“Astaghfirullahal ‘adzim, alladzi laa ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.”

“Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Menentukan, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Doa Taubat

Doa taubat adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin bertaubat dari segala dosa dan kesalahan. Berikut ini adalah contoh doa taubat:

“Allahumma inni ataubu ilaika min kulli zambin wa ataubu ilaika min kulli maasiyyatin wa ataubu ilaika min kulli maksiyatin wa ataubu ilaika min kulli khilafin.”

“Ya Allah, aku bertaubat kepada-Mu dari segala dosa, kesalahan, dan perbuatan yang melanggar aturan-Mu.”

3. Doa Tawakkal

Doa tawakkal adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin menyerahkan segala urusan dan kebutuhan hidupnya kepada Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa tawakkal:

“Allahumma inni tawakkaltu ‘alaika, fa inna ma’aika amantu wa ilaika anabtu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anaqtu.”

Pos Terkait:  Siapa Kaum Rum yang Disebutkan Nabi Akan Khianat dan Memerangi Umat Muslim?

“Ya Allah, aku bertawakkal kepada-Mu, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertobat, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, dan hanya kepada-Mu aku kembali.”

4. Doa Husnul Khatimah

Doa husnul khatimah adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar akhir hidupnya baik dan diberikan kesempatan untuk bertaubat sebelum meninggal dunia. Berikut ini adalah contoh doa husnul khatimah:

“Allahumma ya muqallibal qulubi, thabbit qalbi ‘ala dinik.”

“Ya Allah, wahai Yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

5. Doa Selamat dari Azab Kubur

Doa selamat dari azab kubur adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar terhindar dari siksa kubur. Berikut ini adalah contoh doa selamat dari azab kubur:

“Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabr, wa a’udzu bika min fitnatil masihid dajjal, wa a’udzu bika min fitnatil mahya wal mamat.”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian.”

6. Doa Penutup Majlis

Doa penutup majlis adalah doa yang dipanjatkan setelah selesai mengadakan acara atau pertemuan. Berikut ini adalah contoh doa penutup majlis:

“Subhanaka Allahumma wa bihamdika, asyhadu an la ilaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilaik.”

“Maha suci Engkau ya Allah, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

7. Doa Agar Diberikan Kemudahan

Doa agar diberikan kemudahan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang menghadapi kesulitan atau hambatan dalam menjalani hidupnya. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan kemudahan:

“Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.”

“Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan Engkau yang menjadikan kesedihan menjadi mudah jika Engkau berkehendak.”

8. Doa Agar Diberikan Kekuatan

Doa agar diberikan kekuatan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang merasa lemah atau kurang bersemangat. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan kekuatan:

“Allahumma asyirni bi quwwatika wa quddirni bi idhrika, wa tawakkaltu ‘alaika ya rabbal ‘alamin.”

Pos Terkait:  Beda Abu Lahab dengan Abu Jahal

“Ya Allah, berikanlah aku kekuatan dengan kekuatan-Mu dan tentukanlah keputusan bagiku dengan pengetahuan-Mu, aku bertawakkal kepada-Mu, wahai Rabb semesta alam.”

9. Doa Agar Diberikan Ketenangan Hati

Doa agar diberikan ketenangan hati adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang merasa gelisah atau cemas. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan ketenangan hati:

“Allahumma inni a’udzu bika min al-hammi wal-hazani, wal-‘ajzi wal-kasali, wal-bukhli wal-jubni, wa dhala’id-dayni wa ghalabatir-rijal.”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, kekikiran, kecemasan hutang, dan tekanan manusia.”

10. Doa Agar Diberikan Kesehatan

Doa agar diberikan kesehatan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang sakit atau ingin memohon agar selalu diberikan kesehatan. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan kesehatan:

“Allahumma afini fi badani, Allahumma afini fi sam’i, Allahumma afini fi bashari, la ilaha illa anta.”

“Ya Allah, berikanlah aku kesehatan pada tubuhku, berikanlah aku kesehatan pada pendengaranku, berikanlah aku kesehatan pada penglihatanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

11. Doa Agar Diberikan Keberkahan

Doa agar diberikan keberkahan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar segala urusan dan usaha yang dilakukan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan keberkahan:

“Allahumma barik lana fi rajab wa sya’ban wa ballighna ramadhan.”

“Ya Allah, berikanlah berkah untuk kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.”

12. Doa Agar Dilancarkan Rezeki

Doa agar dilancarkan rezeki adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar rezekinya selalu dilancarkan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar dilancarkan rezeki:

“Allahumma rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqina ‘adhaban-nar.”

“Ya Allah, Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

13. Doa Agar Diberikan Kebahagiaan

Doa agar diberikan kebahagiaan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar selalu diberikan kebahagiaan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan kebahagiaan:

“Allahumma inni as’aluka al-huda, wat-tuqa, wal-‘afafa, wal-ghina.”

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kesucian, dan kekayaan.”

Pos Terkait:  Isra Miraj Nabi Muhammad: Perjalanan Ajaib Menuju Surga

14. Doa Agar Diberikan Kebahagiaan di Akhirat

Doa agar diberikan kebahagiaan di akhirat adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar selalu diberikan kebahagiaan di akhirat oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan kebahagiaan di akhirat:

“Allahumma ajirni min an-nar, Allahumma ajirni min an-nar, Allahumma ajirni min an-nar.”

“Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka, ya Allah, lindungilah aku dari api neraka, ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

15. Doa Agar Diberikan Kehidupan yang Berkah

Doa agar diberikan kehidupan yang berkah adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar selalu diberikan kehidupan yang penuh berkah oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan kehidupan yang berkah:

“Allahumma barik lana fi a’malina, wa rizqina, wa azwajina, wa dhurriyatina, wa kulli ma lana.”

“Ya Allah, berkahilah kami dalam segala perbuatan, rezeki, pasangan hidup, anak-anak, dan semua yang kami miliki.”

16. Doa Agar Diberikan Keselamatan

Doa agar diberikan keselamatan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar selalu diberikan keselamatan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan keselamatan:

“Allahumma inni as’aluka al-‘afiyah fi dunya wal-akhirah.”

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat.”

17. Doa Agar Diberikan Perlindungan dari Bahaya

Doa agar diberikan perlindungan dari bahaya adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar selalu dilindungi dari segala macam bahaya oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar diberikan perlindungan dari bahaya:

“Allahumma inni a’udzu bika min adzabil qabr, wa min adzabil jahannam, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah kehidupan dan kematian, dan kejahatan fitnah Dajjal.”

18. Doa Agar Diberikan Perlindungan dari Setan

Doa agar diberikan perlindungan dari setan adalah doa yang dipanjatkan ketika seseorang ingin memohon agar selalu dilindungi dari godaan dan tipu daya setan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah contoh doa agar