Keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan

Posted on

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan ini adalah tadarus Al Quran. Tadarus Al Quran merupakan suatu kegiatan membaca dan mempelajari Al Quran secara rutin dan teratur. Berikut ini adalah keutamaan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan.

1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Dengan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan, kita akan semakin dekat dengan Al Quran dan semakin memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan kualitas ibadah kita karena kita akan lebih memahami apa yang kita baca dan kita lantunkan dalam sholat. Kita juga akan semakin khusyuk dalam sholat karena kita memahami makna dari ayat-ayat yang kita baca.

2. Menjaga Keseimbangan Psikologis

Tadarus Al Quran juga dapat membantu menjaga keseimbangan psikologis kita. Saat kita membaca Al Quran, kita akan memperoleh ketenangan dan kedamaian hati karena kita merenungkan ayat-ayat yang indah dan penuh makna. Kita juga akan lebih sabar dan tidak mudah emosional karena kita memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah takdir dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Shalat di Hijir Ismail

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan membaca Al Quran secara rutin di bulan Ramadhan, kita akan memperoleh banyak pelajaran dan hikmah dari Al Quran. Hal ini akan memberikan dampak positif pada kehidupan kita sehari-hari karena kita akan lebih bijak dan cerdas dalam mengambil keputusan. Kita juga akan lebih bertanggung jawab dan disiplin karena Al Quran mengajarkan kita untuk hidup dengan prinsip yang jelas dan tegas.

4. Mendapatkan Pahala yang Besar

Tadarus Al Quran di bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Dalam hadits riwayat Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan. Satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan yang semisal. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim sebagai satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

5. Menjadi Lebih Dekat dengan Allah SWT

Dengan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT. Kita akan merasa lebih dekat dengan-Nya ketika membaca ayat-ayat suci yang terdapat dalam Al Quran. Hal ini akan membuat kita semakin mencintai Allah SWT dan semakin taat dalam menjalankan segala perintah-Nya.

Pos Terkait:  Dakwah Islamiah: Membawa Kebenaran Islam Kepada Dunia

6. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Sesama

Tadarus Al Quran juga dapat meningkatkan kualitas hubungan kita dengan sesama. Dalam Al Quran terdapat banyak sekali ayat yang mengajarkan tentang etika dan moral yang baik. Dengan membaca Al Quran, kita akan lebih memahami arti dari persaudaraan, toleransi, dan menghargai satu sama lain. Hal ini akan membantu kita untuk menciptakan suasana kekeluargaan yang harmonis dan penuh kasih sayang.

7. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Dengan membaca Al Quran secara rutin di bulan Ramadhan, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik. Kita akan lebih tahu tentang hakikat hidup dan tujuan hidup kita sebagai manusia. Kita juga akan lebih mengenal diri kita sendiri dan mampu mengendalikan emosi dan nafsu kita. Hal ini akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bermartabat dan berakhlak mulia.

8. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Beragama

Dengan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan, kita akan semakin meningkatkan kualitas kehidupan beragama kita. Kita akan lebih memahami ajaran Islam dan semakin bertambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Kita juga akan lebih tahu tentang hukum-hukum Islam dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

9. Mendapatkan Perlindungan dari Gangguan Syaitan

Tadarus Al Quran di bulan Ramadhan juga dapat memberikan perlindungan dari gangguan syaitan. Dalam Al Quran terdapat ayat-ayat yang dapat mengusir syaitan dan membersihkan hati kita dari pengaruh negatifnya. Dengan membaca Al Quran secara rutin, kita akan semakin terlindungi dari godaan syaitan dan semakin kuat dalam menghadapi segala bentuk godaan dan cobaan dalam hidup.

Pos Terkait:  Setelah Talak Tiga: Pernikahan Muhallil dan Permasalahannya

10. Mendapatkan Keberkahan dari Allah SWT

Dengan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan, kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan berbagai macam keberkahan dan rahmat-Nya kepada kita yang rajin membaca dan mempelajari Al Quran. Kita akan semakin merasa beruntung dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Tadarus Al Quran di bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Dengan membaca dan mempelajari Al Quran secara rutin, kita akan semakin meningkatkan kualitas ibadah kita, menjaga keseimbangan psikologis, meningkatkan kualitas hidup, mendapatkan pahala yang besar, menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, meningkatkan kualitas hubungan dengan sesama, menjadi pribadi yang lebih baik, meningkatkan kualitas kehidupan beragama, mendapatkan perlindungan dari gangguan syaitan, dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan tadarus Al Quran yang rutin dan teratur.