Berapa Jumlah Muslim di Negara Qatar Tuan Rumah Piala Dunia?

Posted on

Pengenalan

Qatar merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Timur Tengah. Negara ini terkenal sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 yang akan datang. Meskipun Qatar dikenal sebagai negara kecil, namun keberadaannya sangat penting di antara negara-negara di kawasan tersebut. Salah satu faktor penting yang membuat Qatar menjadi negara yang penting adalah jumlah Muslim di negara tersebut.

Jumlah Populasi Qatar

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Qatar, jumlah populasi di Qatar mencapai sekitar 2,7 juta orang pada tahun 2021. Dari jumlah tersebut, sekitar 1,6 juta atau sekitar 60% merupakan warga negara Qatar, sedangkan sisanya merupakan penduduk asing yang bekerja di negara tersebut.

Jumlah Muslim di Qatar

Qatar merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Berdasarkan data dari situs World Population Review, sekitar 67,7% penduduk Qatar adalah Muslim. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa Qatar merupakan negara dengan jumlah Muslim terbanyak di antara negara-negara di kawasan Timur Tengah lainnya.

Pos Terkait:  Pengertian Tasawuf Sunni dan Tokoh

Berbagai Etnis Muslim di Qatar

Walaupun mayoritas penduduk Qatar beragama Islam, namun terdapat berbagai etnis Muslim yang tinggal di negara tersebut. Beberapa etnis tersebut antara lain adalah Arab, Pakistan, India, dan Bangladesh. Setiap etnis memiliki ciri khas dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam menjalankan ibadah.

Perbedaan Tradisi Muslim di Qatar

Meskipun mayoritas penduduk Qatar beragama Islam, namun terdapat perbedaan dalam tradisi yang dijalankan oleh masyarakat Muslim di Qatar. Salah satu perbedaan tersebut adalah dalam hal menjalankan ibadah shalat. Di Qatar, terdapat beberapa masjid besar yang menjadi pusat ibadah bagi masyarakat Muslim di negara tersebut. Selain itu, terdapat juga tradisi yang berbeda dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Beberapa tradisi tersebut antara lain adalah dalam hal menu berbuka puasa dan kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Peran Muslim dalam Pembangunan Qatar

Mayoritas penduduk Qatar yang beragama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan negara tersebut. Terdapat banyak Muslim yang bekerja di berbagai sektor, seperti sektor minyak dan gas, sektor keuangan, dan sektor pariwisata. Selain itu, terdapat juga banyak Muslim yang menjadi pengusaha sukses di Qatar.

Peran Muslim dalam Olahraga

Olahraga menjadi salah satu hal yang sangat penting di Qatar. Negara ini menjadi tuan rumah berbagai ajang olahraga internasional, seperti Piala Dunia 2022 dan Olimpiade Musim Panas 2032. Mayoritas atlet Qatar yang berhasil meraih prestasi di ajang olahraga internasional juga merupakan atlet Muslim. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran Muslim dalam memajukan olahraga di Qatar.

Pos Terkait:  Tugas Nabi Isa AS Saat Turun ke Bumi

Kesimpulan

Qatar merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Jumlah Muslim di negara ini mencapai sekitar 67,7% dari total populasi. Meskipun mayoritas penduduk Qatar beragama Islam, namun terdapat berbagai etnis Muslim yang tinggal di negara tersebut. Peran Muslim di Qatar sangat penting dalam berbagai sektor, termasuk dalam pembangunan negara dan olahraga. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keberadaan Muslim di Qatar sangatlah penting dalam menentukan perkembangan negara tersebut di masa depan.