Umum

Resep Air Nabeez Minuman Kaya Manfaat yang Biasa Dikonsumsi Nabi

×

Resep Air Nabeez Minuman Kaya Manfaat yang Biasa Dikonsumsi Nabi

Share this article

Manusia hidup dalam dunia yang penuh dengan berbagai macam tantangan dan ujian. Untuk itu, sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa, serta menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengonsumsi minuman yang sehat dan berkhasiat, seperti air nabeez. Di samping itu, air nabeez juga merupakan minuman yang biasa dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW.

Apa itu Air Nabeez?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat air nabeez, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu air nabeez. Air nabeez merupakan minuman yang terbuat dari campuran air dan buah kurma yang direndam dalam air selama beberapa waktu. Setelah direndam, buah kurma kemudian dihancurkan dan dicampur dengan air hingga tercampur rata.

Manfaat Air Nabeez

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi air nabeez. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam air nabeez terdapat kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, potassium, dan serat. Vitamin B kompleks sangat penting untuk membantu proses metabolisme tubuh, sedangkan vitamin C berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Potassium dan serat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Pos Terkait:  Cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi air nabeez dapat membantu menjaga kadar gula darah. Hal ini karena buah kurma yang digunakan untuk membuat air nabeez memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam air nabeez terdapat kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang, sedangkan magnesium berperan dalam menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam air nabeez juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara Membuat Air Nabeez

Berikut ini adalah cara membuat air nabeez:

Bahan-bahan:

  • 1 kg buah kurma
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam buah kurma dalam air selama minimal 8 jam.
  2. Setelah direndam, hancurkan buah kurma dengan blender atau alat penghancur lainnya.
  3. Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Saring air nabeez menggunakan saringan halus.
  5. Simpan air nabeez di dalam kulkas dan sajikan dingin.

Kesimpulan

Air nabeez merupakan minuman yang sangat sehat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, air nabeez juga merupakan minuman yang biasa dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam air nabeez terdapat kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, potassium, dan serat. Untuk itu, sebaiknya kita mengonsumsi air nabeez secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan iman dan taqwa kita sebagai umat muslim.

Pos Terkait:  Sejarah Puasa Asyura dan Dakwah Adaptif Rasulullah Saw