Umum

Masyaallah, Lihatlah Warna-Warna Gunung Sudah Disebutkan Al Quran

×

Masyaallah, Lihatlah Warna-Warna Gunung Sudah Disebutkan Al Quran

Share this article

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang dipercayai sebagai firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat berbagai macam kisah dan hukum yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Al Quran juga memuat berbagai macam hal, mulai dari ilmu pengetahuan, sejarah, hingga fenomena alam yang terjadi di sekitar kita.

Salah satu fenomena alam yang disebutkan di dalam Al Quran adalah warna-warna gunung. Hal ini tercantum dalam surat An-Naml ayat 88 yang berbunyi, “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu kira mereka teguh berdiri, padahal mereka berjalan seperti awan. Itulah bukti kekuasaan Allah yang telah menciptakan segala sesuatu dengan sebenarnya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Surat An-Naml ayat 88 ini menggambarkan bahwa gunung sebenarnya tidak statis dan diam seperti yang kita lihat. Namun, gunung juga bergerak dan berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini terlihat dari perubahan warna yang terjadi pada gunung. Warna-warna ini digambarkan dalam berbagai macam warna dan corak yang sangat indah dan menakjubkan.

Warna-Warna Gunung yang Tersebut di Al Quran

Berikut adalah beberapa warna gunung yang disebutkan di dalam Al Quran:

Pos Terkait:  Artis Malaysia Neelofa Jadi Satu-satunya Wanita Bercadar di Daftar Bintang Asia Pasifik Paling Berpengaruh versi Forbes

1. Hitam

Salah satu warna gunung yang disebutkan di dalam Al Quran adalah warna hitam. Hal ini tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 63 yang berbunyi, “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepadamu: “Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain Dia dan berbuat baik kepada ibu bapakmu. Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka. Dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan keji, baik yang nyata maupun yang samar-samar dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuh) melainkan dengan hak. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu, supaya kamu memahaminya”.

2. Hijau

Warna hijau juga disebutkan di dalam Al Quran sebagai warna gunung. Hal ini tercantum dalam surat Ar-Raad ayat 4 yang berbunyi, “Dan di bumi ada potongan-potongan darat yang bersebelahan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman yang beraneka warna, zaitun dan delima, yang bercabang-cabang dan yang tidak bercabang. Mereka ditanamkan dengan air secukupnya. Sesungguhnya pada semua itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.

3. Merah

Warna merah juga disebutkan di dalam Al Quran sebagai warna gunung. Hal ini tercantum dalam surat Ar-Rahman ayat 27 yang berbunyi, “Dan pohon-pohonan yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima, yang bercabang-cabang dan yang tidak bercabang. Makanlah dari buahnya pada waktu dia berbuah dan tunaikanlah haknya di hari panennya. Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”.

Pos Terkait:  Syarat Menuntut Ilmu: Panduan Lengkap untuk Meraih Kesuksesan

Keajaiban Warna-Warna Gunung

Warna-warna gunung yang tercantum di dalam Al Quran merupakan keajaiban yang luar biasa. Warna-warna tersebut merupakan hasil dari proses alamiah yang terjadi selama ribuan bahkan jutaan tahun. Warna-warna tersebut juga merupakan bukti kekuasaan Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu dengan sebenarnya.

Dalam ilmu pengetahuan, warna-warna gunung terjadi akibat proses geologi yang terjadi di dalamnya. Proses ini melibatkan berbagai macam unsur seperti mineral, gas, cairan, dan tekanan yang terjadi di dalam gunung. Proses ini juga melibatkan interaksi antara gunung dengan lingkungannya seperti cuaca, tanah, dan air.

Keajaiban warna-warna gunung juga terlihat dari perspektif estetika. Warna-warna tersebut sangat indah dan menakjubkan. Warna-warna tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam dan fotografer untuk mengabadikannya.

Kesimpulan

Warna-warna gunung yang tercantum di dalam Al Quran merupakan keajaiban alam yang luar biasa. Warna-warna tersebut merupakan hasil dari proses alamiah yang terjadi selama ribuan bahkan jutaan tahun. Warna-warna tersebut juga merupakan bukti kekuasaan Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu dengan sebenarnya. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus senantiasa bersyukur atas keajaiban-keajaiban yang terjadi di sekitar kita dan selalu berserah diri kepada Allah SWT yang Maha Kuasa.

Pos Terkait:  Manfaat Membaca Alquran bagi Kesehatan