Umum

Sewajarnya saja untuk mengejar duniawi

×

Sewajarnya saja untuk mengejar duniawi

Share this article

Masih banyak yang beranggapan bahwa mengejar kehidupan duniawi adalah hal yang buruk dan harus dihindari. Namun, sebenarnya tidak ada yang salah dengan mengejar kehidupan duniawi selama kita melakukannya dengan sewajarnya saja.

Pentingnya Mengejar Kehidupan Duniawi

Kehidupan duniawi adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa dihindari. Kita harus memikirkan bagaimana cara untuk hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, mengejar kehidupan duniawi adalah hal yang penting.

Jika kita tidak mengejar kehidupan duniawi, maka kita akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kita tidak akan bisa membeli makanan, sandang, dan papan dengan mudah. Kita juga tidak akan bisa memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan hiburan.

Kehidupan duniawi juga memberikan kesempatan bagi kita untuk berkembang dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Dalam mengejar kehidupan duniawi, kita akan belajar banyak hal, memperluas jaringan pertemanan, dan meningkatkan keterampilan.

Menjaga Keseimbangan Antara Kehidupan Duniawi dan Akhirat

Sebagai manusia yang beriman, kita tidak boleh melupakan akhirat dan hanya fokus pada kehidupan duniawi. Kita harus menjaga keseimbangan antara kehidupan duniawi dan akhirat.

Pos Terkait:  Ucapan Minal Aidin Walfaizin Saat Idul Fitri: Adakah Tuntunannya?

Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kehidupan duniawi dan akhirat. Misalnya, kita bisa mengikuti kegiatan sosial yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar atau mengikuti kegiatan keagamaan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Kita juga harus selalu mengingat bahwa kehidupan duniawi hanyalah sementara. Yang lebih penting adalah persiapan untuk menghadapi akhirat yang kekal. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha untuk meningkatkan amalan kita dan memperbaiki akhlak.

Menghindari Kehidupan Duniawi yang Berlebihan

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, mengejar kehidupan duniawi adalah hal yang penting. Namun, kita juga harus menghindari kehidupan duniawi yang berlebihan.

Kehidupan duniawi yang berlebihan akan membuat kita lupa akan tujuan hidup sebenarnya. Kita akan terlena dengan harta dan kesenangan duniawi sehingga lupa akan hakikat kehidupan yang sebenarnya.

Selain itu, kehidupan duniawi yang berlebihan juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan sosial kita. Kita mungkin terlalu sibuk dalam mengejar karier atau harta sehingga tidak memiliki waktu untuk keluarga dan teman-teman.

Kesimpulan

Mengejar kehidupan duniawi adalah hal yang penting, namun kita harus melakukannya dengan sewajarnya saja. Kita harus menjaga keseimbangan antara kehidupan duniawi dan akhirat serta menghindari kehidupan duniawi yang berlebihan.

Pos Terkait:  Dalil-dalil Tawasul dengan Orang Shalih yang Masih Hidup

Dalam mengejar kehidupan duniawi, kita juga harus selalu mengingat tujuan hidup sebenarnya yaitu mempersiapkan diri untuk menghadapi akhirat yang kekal. Dengan melakukan semua itu, kita akan menjadi manusia yang seimbang dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.