Umum

Hp Baru Harus Di Charge Selama 8 Jam, Benarkah?

×

Hp Baru Harus Di Charge Selama 8 Jam, Benarkah?

Share this article

Bagi sebagian orang yang baru saja membeli smartphone baru, pasti akan bertanya-tanya seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Banyak orang menganggap bahwa hp baru harus di charge selama 8 jam untuk pertama kali pengisian daya agar baterai dapat bekerja dengan optimal. Namun, apakah hal tersebut benar adanya?

Sejarah Mitos Charge Hp Baru Selama 8 Jam

Mitos bahwa hp baru harus di charge selama 8 jam pertama kali pengisian daya baterai muncul pada era teknologi baterai NiCad. Pada masa itu, teknologi baterai NiCad masih menjadi pilihan utama dan baterai tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diisi dayanya. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mengisi daya baterai selama 8 jam pertama kali pengisian daya agar baterai dapat tahan lama dan bekerja dengan optimal.

Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi baterai berkembang dan saat ini banyak smartphone yang menggunakan baterai Lithium Ion atau Lithium Polymer. Teknologi baterai ini berbeda dengan teknologi baterai NiCad karena memiliki kemampuan charge yang lebih cepat. Oleh karena itu, mitos bahwa hp baru harus di charge selama 8 jam tidak lagi berlaku.

Pos Terkait:  Duduk Perkara Keharaman Permainan Capit Boneka? Ini Jawabannya

Waktu Charge Baterai yang Dianjurkan

Sebenarnya, waktu charge baterai yang dianjurkan tergantung pada jenis baterai yang digunakan pada smartphone. Namun, pada umumnya, waktu charge baterai yang dianjurkan adalah hingga 100% atau penuh. Setelah baterai penuh, sebaiknya cabut charger dari smartphone untuk menghindari overcharge yang dapat merusak baterai. Selain itu, sebaiknya jangan menunggu baterai habis atau mencapai 0% untuk mengisi daya karena hal tersebut dapat memperpendek usia baterai.

Cara Mengecek Kondisi Baterai

Untuk mengetahui kondisi baterai pada smartphone, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, dapat dilihat pada menu pengaturan smartphone yang terdapat informasi tentang kondisi baterai. Kedua, dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat menampilkan informasi tentang kesehatan baterai. Ketiga, dapat dilakukan dengan melakukan tes baterai dengan menggunakan aplikasi bawaan pada smartphone.

Tips Merawat Baterai Smartphone

Agar baterai smartphone dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama, terdapat beberapa tips merawat baterai yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Gunakan charger original atau charger yang sesuai dengan spesifikasi smartphone
  2. Jangan gunakan smartphone sambil di charge karena hal tersebut dapat memperpanjang waktu charge dan memperpendek usia baterai
  3. Jangan biarkan baterai terlalu sering mencapai 0% atau terlalu sering terisi daya hingga 100%
  4. Matikan fitur yang tidak digunakan seperti bluetooth, wifi, dan GPS saat tidak digunakan untuk menghemat daya baterai
  5. Gunakan mode hemat daya ketika baterai sedang dalam kondisi rendah
Pos Terkait:  Pengertian dan Bentuk Tawakkal: Memahami Esensi Kepercayaan Kepada Allah

Kesimpulan

Mitos bahwa hp baru harus di charge selama 8 jam pertama kali pengisian daya baterai tidak lagi berlaku pada teknologi baterai Lithium Ion atau Lithium Polymer. Waktu charge baterai yang dianjurkan adalah hingga penuh atau 100%. Untuk merawat baterai smartphone agar dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama, dapat dilakukan dengan menggunakan charger yang original atau sesuai dengan spesifikasi smartphone, menghindari penggunaan smartphone saat di charge, dan mengatur penggunaan fitur yang tidak digunakan agar dapat menghemat daya baterai.