Umum

Sholat Istikharah: Cara Menentukan Pilihan dengan Bijak

×

Sholat Istikharah: Cara Menentukan Pilihan dengan Bijak

Share this article

Sholat istikharah adalah salah satu doa yang dilakukan oleh umat muslim untuk meminta petunjuk dari Allah dalam menentukan keputusan penting dalam hidup. Istikharah berasal dari bahasa Arab yang artinya meminta petunjuk atau panduan. Sholat istikharah ini dilakukan dalam rangka meminta petunjuk dari Allah untuk menentukan keputusan penting dalam hidup, seperti menikah, membeli rumah, memilih pekerjaan, dan lain sebagainya.

Cara Melakukan Sholat Istikharah

Untuk melakukan sholat istikharah, pertama-tama kita harus mempersiapkan niat yang tulus untuk meminta petunjuk dari Allah. Kemudian, kita melakukan sholat sunnah dua rakaat dengan niat sholat istikharah, diikuti dengan membaca doa istikharah yang panjang.

Setelah selesai melakukan sholat istikharah, kita harus mengikuti apa yang dirasakan di dalam hati. Jika kita merasa yakin dengan pilihan yang akan diambil, maka kita bisa melanjutkan keputusan tersebut. Namun, jika kita masih ragu-ragu atau merasa tidak yakin, maka sebaiknya kita menunda keputusan tersebut dan melakukan sholat istikharah kembali.

Keutamaan Sholat Istikharah

Sholat istikharah memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Pertama, sholat istikharah membantu kita untuk mengambil keputusan dengan bijak dan tidak tergesa-gesa. Kedua, sholat istikharah membantu kita untuk menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan. Ketiga, sholat istikharah membantu kita untuk memperoleh keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan.

Pos Terkait:  Pengertian Qanaah dan Contoh Perilaku

Kapan Harus Melakukan Sholat Istikharah?

Sholat istikharah sebaiknya dilakukan ketika kita akan mengambil keputusan penting dalam hidup, seperti menikah, membeli rumah, memilih pekerjaan, dan lain sebagainya. Sholat istikharah juga bisa dilakukan ketika kita merasa bingung atau ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Doa Istikharah

Berikut adalah doa istikharah yang panjang yang harus dibaca setelah melakukan sholat istikharah:

“Allahumma inni astakhiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka bi-qudratika, wa as’aluka min fadlika al-‘azim, fa innaka taqdiru wa la aqdiru, wa ta’lamu wa la a’lamu, wa anta ‘allamu al-ghuyub. Allahumma, in kunta ta’lamu anna hadha al-amra khayrun li fi dini wa ma’ashi wa’aqibati amri, faqdirhu li wa yas-sirhu li thumma barik li fihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadha al-amra sharrun li fi dini wa ma’ashi wa’aqibati amri, fasrifhu anni wa-srifni anhu. Waqdir li al-khaira haithu kana thumma ardini bihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku meminta bantuan dari ilmu-Mu, dan aku memohon kekuatan dari qudrah-Mu, dan aku meminta karunia dari karunia-Mu Yang Agung, karena sesungguhnya Engkau mampu dan aku tidak mampu, Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan hanya Engkau yang mengetahui rahasia-rahasia. Ya Allah, jika Engkau tahu bahwa urusan ini baik bagi agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusanku, maka tentukanlah ia untukku, permudahlah jalannya, dan berkahilah aku di dalamnya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagi agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusanku, maka singkirkanlah urusan itu dariku dan singkirkanlah aku darinya. Tentukanlah kebaikan bagiku di mana saja dan jangan lupa menolongku untuk mewujudkannya.”

Pos Terkait:  Mengenal Jin Qarin: Sosok Ghaib Pendamping Manusia

Kesimpulan

Sholat istikharah adalah salah satu doa yang dilakukan oleh umat muslim untuk meminta petunjuk dari Allah dalam menentukan keputusan penting dalam hidup. Sholat istikharah dilakukan dengan membaca doa istikharah setelah sholat sunnah dua rakaat. Sholat istikharah memiliki banyak keutamaan, seperti membantu kita untuk mengambil keputusan dengan bijak dan menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan. Sholat istikharah juga sebaiknya dilakukan ketika kita akan mengambil keputusan penting dalam hidup atau merasa bingung dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Semoga dengan melakukan sholat istikharah, kita bisa selalu mendapatkan petunjuk dari Allah dalam mengambil keputusan penting dalam hidup.