Umum

Nama Lain dari Al Quran

×

Nama Lain dari Al Quran

Share this article

Al Quran adalah kitab suci bagi umat muslim. Kitab ini berisi ajaran-ajaran yang harus diikuti oleh setiap muslim. Selain itu, Al Quran juga memiliki beberapa nama lain yang sering digunakan oleh orang-orang muslim. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa nama lain dari Al Quran.

1. Furqan

Furqan adalah salah satu nama lain dari Al Quran. Nama ini berasal dari bahasa Arab yang berarti “pemisah antara yang benar dan yang salah”. Hal ini mengacu pada fungsi Al Quran yang dapat membedakan antara kebaikan dan keburukan.

2. Kitabullah

Kitabullah adalah nama lain dari Al Quran yang juga sering digunakan oleh orang-orang muslim. Nama ini berarti “kitab Allah”. Hal ini menunjukkan bahwa Al Quran adalah kitab yang diturunkan oleh Allah SWT dan memiliki otoritas yang tinggi bagi umat muslim.

3. Al Kitab

Al Kitab adalah nama lain dari Al Quran yang sering digunakan oleh orang-orang muslim. Nama ini berarti “kitab suci”. Hal ini menunjukkan bahwa Al Quran adalah kitab yang harus dihormati dan dijaga keasliannya oleh umat muslim.

4. Al Huda

Al Huda adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “petunjuk”. Hal ini mengacu pada fungsi Al Quran sebagai petunjuk bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan di dunia.

5. Al Noor

Al Noor adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “cahaya”. Hal ini menunjukkan bahwa Al Quran dapat menjadi sumber cahaya dalam kehidupan seseorang. Dengan mempelajari Al Quran, seseorang bisa mendapatkan pencerahan dalam menjalani kehidupannya.

Pos Terkait:  Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 183: Manfaat Sebenarnya

6. Al Majeed

Al Majeed adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang mulia”. Hal ini menunjukkan bahwa Al Quran adalah kitab yang memiliki nilai yang sangat tinggi bagi umat muslim.

7. Al Burhan

Al Burhan adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “bukti yang jelas”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran memiliki bukti-bukti yang jelas mengenai kebenaran ajarannya.

8. Al Kalam

Al Kalam adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “ucapan”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran adalah ucapan Allah SWT yang diturunkan kepada umat manusia.

9. Al Haqq

Al Haqq adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang benar”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran berisi kebenaran yang harus diikuti oleh umat muslim.

10. Al Mubin

Al Mubin adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang jelas”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran berisi ajaran-ajaran yang jelas dan mudah dipahami oleh umat muslim.

11. Al Aziz

Al Aziz adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang mulia”. Hal ini menunjukkan bahwa Al Quran adalah kitab yang sangat dihormati dan dianggap mulia oleh umat muslim.

12. Al Rahman

Al Rahman adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha pengasih”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat pengasih terhadap umat manusia.

13. Al Raheem

Al Raheem adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha penyayang”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat penyayang terhadap umat manusia.

14. Al Wasi

Al Wasi adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang meliputi segala sesuatu”. Hal ini menunjukkan bahwa Al Quran berisi ajaran-ajaran yang meliputi semua aspek kehidupan manusia.

Pos Terkait:  Ini Kalimat untuk Menjawab Adzan dan Iqamah

15. Al Syifa

Al Syifa adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “penyembuh”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran dapat menjadi obat atau penyembuh bagi umat muslim yang mengalami kesulitan atau masalah dalam kehidupannya.

16. Al Bashir

Al Bashir adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang memberikan kabar gembira”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran berisi kabar gembira bagi umat muslim yang mengikuti ajarannya dengan baik.

17. Al Nadhir

Al Nadhir adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang memberikan peringatan”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran berisi peringatan bagi umat muslim yang tidak mengikuti ajarannya dengan baik.

18. Al Khalq

Al Khalq adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang menciptakan”. Hal ini mengacu pada fakta bahwa Al Quran mengandung ajaran-ajaran tentang penciptaan manusia dan alam semesta.

19. Al Rabb

Al Rabb adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang menguasai”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang menguasai segala sesuatu di alam semesta.

20. Al Malik

Al Malik adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang merajai”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang merajai segala sesuatu di alam semesta.

21. Al Qadir

Al Qadir adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha berkuasa”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang memiliki kekuasaan yang tak terbatas di alam semesta.

22. Al Wahhab

Al Wahhab adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha pemberi karunia”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat dermawan dalam memberikan karunia kepada umat manusia.

23. Al Muqtadir

Al Muqtadir adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha berkehendak”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang memiliki kehendak yang tak terbatas dalam mengatur alam semesta.

Pos Terkait:  Adakah Doa yang Dianjurkan Ketika Menguap?

24. Al Ghaffar

Al Ghaffar adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha pengampun”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat pengampun terhadap umat manusia yang melakukan kesalahan.

25. Al Wahid

Al Wahid adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang tunggal”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang satu-satunya Tuhan yang harus disembah oleh umat manusia.

26. Al Sami

Al Sami adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha mendengar”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat mendengar doa dan keluhan umat manusia.

27. Al Basir

Al Basir adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang maha melihat”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat melihat segala sesuatu yang terjadi di alam semesta.

28. Al Azim

Al Azim adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang agung”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat agung dan mulia.

29. Al Jabbar

Al Jabbar adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang memperbaiki”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat memperbaiki segala sesuatu yang rusak di alam semesta.

30. Al Muhsin

Al Muhsin adalah nama lain dari Al Quran yang berarti “yang baik”. Hal ini mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat baik dan penuh kasih sayang terhadap umat manusia.

Kesimpulan

Al Quran memiliki banyak nama lain yang sering digunakan oleh orang-orang muslim. Setiap nama memiliki makna yang mendalam dan mengacu pada sifat Allah SWT yang sangat mulia. Dengan mempelajari Al Quran dan memahami arti setiap nama, umat muslim dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh keberkahan dalam kehidupannya.