Umum

Rukun Sholat: Panduan Lengkap untuk Melaksanakan Ibadah Sholat

×

Rukun Sholat: Panduan Lengkap untuk Melaksanakan Ibadah Sholat

Share this article

Sholat adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, sholat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kejiwaan manusia. Dalam melaksanakan sholat, terdapat beberapa rukun sholat yang harus dipenuhi agar sholat sah dan diterima oleh Allah SWT.

Rukun Sholat Pertama: Niat

Sebelum memulai sholat, seseorang harus menentukan niatnya terlebih dahulu. Niat sholat harus dilakukan secara dalam hati dan tidak perlu diucapkan dengan kata-kata. Niat harus berdasarkan pada jenis sholat yang akan dilakukan, seperti sholat fardhu atau sholat sunnah.

Rukun Sholat Kedua: Takbiratul Ihram

Setelah menentukan niat, langkah selanjutnya adalah melakukan takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan ke arah telinga sambil mengucapkan kalimat “Allahu Akbar”. Takbiratul ihram menandakan dimulainya sholat dan harus dilakukan pada awal setiap rakaat sholat.

Pos Terkait:  Kenapa Saya Tidak Bahagia Ini Penyebabnya

Rukun Sholat Ketiga: Berdiri

Setelah melakukan takbiratul ihram, langkah selanjutnya adalah berdiri dengan tegak dan tenang. Kedua kaki harus rapat dan sejajar, sedangkan tangan diangkat sejajar dengan bahu dan telapak tangan menghadap ke arah kiblat.

Rukun Sholat Keempat: Membaca Al-Fatihah

Setelah berdiri, langkah selanjutnya adalah membaca Al-Fatihah. Al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca pada setiap rakaat sholat dan merupakan doa yang sangat penting dalam Islam. Setelah membaca Al-Fatihah, seseorang dapat melanjutkan dengan membaca surat pendek lainnya atau langsung ke rukun sholat berikutnya.

Rukun Sholat Kelima: Rukuk

Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan sambil mengucapkan kalimat “Subhanallah”. Pada saat rukuk, kedua tangan harus dipegangkan pada kedua lutut dan pandangan mata harus diarahkan ke arah telapak kaki. Rukuk dilakukan sebanyak tiga kali dalam setiap rakaat sholat.

Rukun Sholat Keenam: I’tidal

I’tidal dilakukan setelah rukuk dengan kembali berdiri tegak. Pada saat i’tidal, seseorang harus mengucapkan kalimat “Sami’Allahu liman hamidah” dan “Rabbana wa lakal hamd”. I’tidal dilakukan sebanyak satu kali dalam setiap rakaat sholat.

Rukun Sholat Ketujuh: Sujud

Sujud dilakukan dengan meletakkan kedua telapak tangan, kedua lutut, dan dahi pada lantai sambil mengucapkan kalimat “Subhanallah”. Pada saat sujud, pandangan mata harus diarahkan ke arah hidung dan jari kaki harus ditekuk ke arah kiblat. Sujud dilakukan sebanyak dua kali dalam setiap rakaat sholat.

Pos Terkait:  Siapa Bilang Hubbul Wathan Minal Iman Itu Hadits Nabi?

Rukun Sholat Kedelapan: Duduk Antara Dua Sujud

Duduk antara dua sujud dilakukan dengan duduk bersila dan meletakkan tangan di atas lutut sambil mengucapkan kalimat “Rabbighfirli”. Duduk antara dua sujud dilakukan sebanyak satu kali dalam setiap rakaat sholat.

Rukun Sholat Kesembilan: Tasyahud Awal

Tasyahud awal dilakukan setelah melakukan duduk antara dua sujud. Pada saat tasyahud awal, seseorang harus duduk dengan bersila dan mengucapkan kalimat “At-tahiyyatu lillahi was shalawatu wat-tayyibat. Assalamu ‘alaika ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish shalihin. Ashhadu an la ilaha illallah wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh”. Tasyahud awal dilakukan pada rakaat kedua dan ketiga dalam sholat yang terdiri dari empat rakaat.

Rukun Sholat Kesepuluh: Tasyahud Akhir

Tasyahud akhir dilakukan setelah membaca tasyahud awal. Pada saat tasyahud akhir, seseorang harus duduk dengan bersila dan mengucapkan kalimat “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Tasyahud akhir dilakukan pada setiap rakaat sholat.

Rukun Sholat Kesebelas: Salam

Setelah melakukan tasyahud akhir, langkah terakhir dalam melaksanakan sholat adalah melakukan salam. Salam dilakukan dengan membalikkan kepala ke arah kanan sambil mengucapkan kalimat “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah” dan membalikkan kepala ke arah kiri sambil mengucapkan kalimat yang sama. Salam dilakukan sebanyak dua kali pada setiap rakaat sholat.

Pos Terkait:  Lakukan 4 Hal Ini saat Menghadapi Orang Sakaratul Maut

Pentingnya Memenuhi Rukun Sholat

Memenuhi rukun sholat merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan ibadah sholat. Jika salah satu rukun sholat tidak dipenuhi, maka sholat dianggap tidak sah dan harus diulang. Selain itu, memenuhi rukun sholat juga dapat meningkatkan kualitas ibadah sholat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bagaimana Jika Salah Satu Rukun Sholat Terlewat?

Jika salah satu rukun sholat terlewat, maka sholat dianggap tidak sah dan harus diulang. Namun, jika rukun sholat tersebut terlewat secara tidak sengaja atau karena lupa, maka seseorang dapat melakukan sujud sahwu sebagai pengganti. Sujud sahwu dilakukan dengan melakukan sujud dua kali setelah melakukan salam.

Kesimpulan

Memenuhi rukun sholat merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan ibadah sholat. Rukun sholat terdiri dari niat, takbiratul ihram, berdiri, membaca Al-Fatihah, rukuk, i’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, tasyahud awal, tasyahud akhir, dan salam. Jika salah satu rukun sholat terlewat, maka sholat dianggap tidak sah dan harus diulang. Namun, jika rukun sholat tersebut terlewat secara tidak sengaja atau karena lupa, maka seseorang dapat melakukan sujud sahwu sebagai pengganti.