Umum

Perkara yang Disukai dan Dibenci Allah

×

Perkara yang Disukai dan Dibenci Allah

Share this article

Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa dan memiliki sifat-sifat yang sempurna. Sebagai hamba-Nya, kita harus selalu berusaha untuk memahami apa yang disukai dan dibenci oleh Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa perkara yang disukai dan dibenci Allah SWT.

Perkara yang Disukai Allah

1. Ibadah yang Dilakukan dengan Ikhlas

Perkara pertama yang disukai Allah adalah ibadah yang dilakukan dengan ikhlas. Allah tidak hanya memperhatikan apa yang kita lakukan, tetapi juga niat kita dalam melakukannya. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki niat kita dalam beribadah agar mendapat keberkahan dari-Nya.

2. Menjaga Silaturahmi

Allah juga menyukai orang yang senantiasa menjaga silaturahmi. Silaturahmi adalah hubungan baik antara satu manusia dengan manusia yang lainnya. Dalam Islam, silaturahmi sangat penting karena dapat mempererat hubungan antara sesama manusia dan mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

3. Bersedekah

Bersedekah juga merupakan perbuatan yang disukai Allah SWT. Allah memberikan kekayaan kepada kita untuk dibagikan kepada sesama yang membutuhkan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha untuk bersedekah dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Pos Terkait:  Lupa Belum Shalat Isya Ketiduran Sampai Pagi Bagaimana?

4. Berbakti kepada Orang Tua

Menjaga hubungan baik dengan orang tua dan berbakti kepada mereka juga merupakan perbuatan yang disukai Allah SWT. Orang tua adalah sosok yang sangat berjasa dalam hidup kita, oleh karena itu kita harus berusaha untuk selalu menghormati dan menghargai mereka.

5. Berusaha untuk Mencari Ilmu

Allah menyukai orang yang senantiasa berusaha untuk mencari ilmu. Ilmu adalah cahaya yang dapat membawa kita kepada kebenaran. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita agar dapat lebih berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Perkara yang Dibenci Allah

1. Berdusta

Perkara pertama yang dibenci Allah adalah berdusta. Berdusta adalah perbuatan yang sangat buruk karena dapat merusak hubungan antara sesama manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk jujur dalam segala hal.

2. Mencuri

Mencuri juga merupakan perbuatan yang dibenci Allah SWT. Mencuri adalah perbuatan yang merugikan orang lain dan merusak tatanan sosial. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha untuk hidup dengan jujur dan tidak merugikan orang lain.

3. Memakan Harta Orang Lain dengan Cara yang Haram

Allah juga membenci orang yang memakan harta orang lain dengan cara yang haram. Kita harus selalu berusaha untuk mendapatkan harta dengan cara yang halal dan tidak merugikan orang lain.

Pos Terkait:  Jadi Juri Hafiz Cilik, Siapakah Nabila Abdulah Rahim Bayan?

4. Berbuat Zina

Berbuat zina juga merupakan perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. Zina adalah perbuatan yang merusak tatanan sosial dan dapat merusak hubungan antara suami dan istri. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha untuk menjaga diri dari godaan yang dapat mengarah kepada perbuatan zina.

5. Membunuh Tanpa Alasan yang Jelas

Allah SWT membenci orang yang membunuh tanpa alasan yang jelas. Membunuh adalah perbuatan yang sangat buruk dan dapat merusak tatanan sosial. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha untuk menjaga diri dari perbuatan yang merugikan orang lain.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa perkara yang disukai dan dibenci Allah SWT. Sebagai hamba-Nya, kita harus selalu berusaha untuk melakukan perbuatan yang disukai Allah dan menjauhi perbuatan yang dibenci Allah. Dengan begitu, kita dapat mendapatkan keberkahan dari-Nya dan hidup dengan tenang dan damai di dunia dan akhirat.