Umum

Idgham: Arti, Jenis, dan Contoh dalam Bahasa Arab

×

Idgham: Arti, Jenis, dan Contoh dalam Bahasa Arab

Share this article

Idgham adalah salah satu konsep penting dalam bahasa Arab yang harus dipahami oleh para pelajar bahasa Arab. Idgham adalah cara pengucapan dua huruf yang terdapat dalam bahasa Arab yang memiliki bunyi yang sama. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti, jenis, dan contoh dari idgham dalam bahasa Arab.

Apa itu Idgham?

Idgham adalah cara pengucapan dua huruf dalam bahasa Arab yang memiliki bunyi yang sama. Dalam idgham, huruf-huruf tersebut digabungkan menjadi satu suara atau bunyi yang hanya diucapkan sekali. Idgham dapat ditemukan dalam Al-Quran dan digunakan secara luas dalam bahasa Arab sehari-hari.

Macam-macam Idgham

Idgham terbagi menjadi dua jenis, yaitu idgham mimi dan idgham bighunnah.

Idgham Mimi

Idgham mimi adalah jenis idgham yang terjadi ketika dua huruf yang memiliki bunyi yang sama digabungkan menjadi satu suara. Contoh huruf yang digabungkan dalam idgham mimi adalah ب (ba) dan م (mi). Ketika dua huruf ini digabungkan, maka bunyinya adalah “mba”. Contoh kata yang menggunakan idgham mimi adalah بمرض (bimaridh) yang berarti sakit.

Pos Terkait:  Strategi dan Substansi Dakwah Khulafaur

Idgham Bighunnah

Idgham bighunnah adalah jenis idgham yang terjadi ketika dua huruf yang memiliki bunyi yang sama digabungkan dengan suara ghunnah. Suara ghunnah adalah suara yang dihasilkan ketika kita menahan napas sejenak ketika mengucapkan huruf. Contoh huruf yang digabungkan dalam idgham bighunnah adalah ت (ta) dan ط (tha). Ketika dua huruf ini digabungkan dengan suara ghunnah, maka bunyinya adalah “tta”. Contoh kata yang menggunakan idgham bighunnah adalah تخطى (takhthaa) yang berarti melewati.

Contoh Idgham dalam Bahasa Arab

Berikut adalah beberapa contoh kata dalam bahasa Arab yang menggunakan idgham:

  • أمّا (amma): tetapi
  • كمّا (kamma): seperti
  • بمرض (bimaridh): sakit
  • تخطّى (takhthaa): melewati

Kesimpulan

Idgham adalah cara pengucapan dua huruf dalam bahasa Arab yang memiliki bunyi yang sama. Terdapat dua jenis idgham, yaitu idgham mimi dan idgham bighunnah. Contoh kata-kata dalam bahasa Arab yang menggunakan idgham antara lain أمّا (amma), كمّا (kamma), بمرض (bimaridh), dan تخطّى (takhthaa).