Umum

Pengertian Tauhid dan Nama-nama Ilmu Tauhid

×

Pengertian Tauhid dan Nama-nama Ilmu Tauhid

Share this article

Tauhid adalah aqidah Islam yang paling penting dan dasar dari agama Islam. Tauhid adalah keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan yang menciptakan, mengatur, dan menguasai alam semesta. Oleh karena itu, tauhid merupakan pondasi dan prinsip yang harus dipahami oleh setiap muslim.

Pengertian Tauhid

Tauhid berasal dari kata Arab “tawhid” yang berarti “mengesakan”. Dalam aqidah Islam, tauhid adalah keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan yang menciptakan dan menguasai alam semesta. Tauhid juga mengajarkan bahwa Tuhan itu Mahaesa, Mahaadil, dan Maha Pengasih.

Secara lebih rinci, tauhid terdiri dari tiga aspek, yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid asma’ wa sifat.

Tauhid Rububiyah

Tauhid rububiyah adalah keyakinan bahwa Tuhanlah yang menciptakan, mengatur, dan menguasai alam semesta. Dalam tauhid rububiyah, manusia mengakui bahwa tidak ada kekuatan atau kuasa selain dari Tuhan. Oleh karena itu, manusia harus tunduk dan patuh kepada Tuhan.

Pos Terkait:  Pengertian Rujuk Hukum Rujuk dan Rukun

Tauhid Uluhiyah

Tauhid uluhiyah adalah keyakinan bahwa hanya Allah yang berhak diibadahi dan disembah. Dalam tauhid uluhiyah, manusia mengakui bahwa hanya Allah yang berhak menyembah dan hanya Allah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Tauhid Asma’ wa Sifat

Tauhid asma’ wa sifat adalah keyakinan bahwa Allah memiliki sifat-sifat yang sempurna dan tidak ada yang menyerupai-Nya. Dalam tauhid asma’ wa sifat, manusia mengakui bahwa hanya Allah yang memiliki sifat-sifat seperti Mahaesa, Mahaadil, dan Maha Pengasih.

Nama-nama Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid merupakan ilmu yang mempelajari tentang tauhid. Ada beberapa nama ilmu tauhid yang harus dipahami oleh setiap muslim, yaitu:

  • Ilmu tauhid umum
  • Ilmu tauhid khusus
  • Ilmu tauhid al-wahdah
  • Ilmu tauhid al-uluhiyah
  • Ilmu tauhid al-asma’ wa sifat
  • Ilmu tauhid al-hakimiyyah
  • Ilmu tauhid al-qada’ wa al-qadar
  • Ilmu tauhid al-akhira

Ilmu Tauhid Umum

Ilmu tauhid umum adalah ilmu yang mempelajari tentang tauhid secara umum, dari segi pengertian, dalil-dalil, dan implikasinya dalam kehidupan manusia.

Ilmu Tauhid Khusus

Ilmu tauhid khusus adalah ilmu yang mempelajari tentang tauhid dari segi pengkhususan Tuhan dalam sifat-sifat dan perbuatan-Nya.

Ilmu Tauhid al-Wahdah

Ilmu tauhid al-wahdah adalah ilmu yang mempelajari tentang keesaan Tuhan. Ilmu ini membahas tentang keesaan Tuhan dari segi pengertian dan dalil-dalil yang menguatkan keesaan Tuhan.

Pos Terkait:  Pengertian Jujur dan Macam-macamnya

Ilmu Tauhid al-Uluhiyah

Ilmu tauhid al-uluhiyah adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat ibadah dan pengertian tauhid dalam ibadah kepada Allah. Ilmu ini membahas tentang tata cara ibadah, syarat sahnya ibadah, dan tujuan ibadah.

Ilmu Tauhid al-Asma’ wa Sifat

Ilmu tauhid al-asma’ wa sifat adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat Allah yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadits. Ilmu ini membahas tentang sifat-sifat Allah seperti Mahaesa, Mahaadil, dan Maha Pengasih.

Ilmu Tauhid al-Hakimiyyah

Ilmu tauhid al-hakimiyyah adalah ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan Allah dalam menciptakan dan mengatur alam semesta. Ilmu ini membahas tentang keadilan Allah dalam menjalankan kekuasaannya.

Ilmu Tauhid al-Qada’ wa al-Qadar

Ilmu tauhid al-qada’ wa al-qadar adalah ilmu yang mempelajari tentang takdir dan ketentuan Allah dalam hidup manusia. Ilmu ini membahas tentang kepastian takdir dan bagaimana manusia harus bersikap dalam menghadapi takdir tersebut.

Ilmu Tauhid al-Akhira

Ilmu tauhid al-akhira adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan setelah kematian. Ilmu ini membahas tentang pengertian akhirat, tanda-tanda kiamat, dan pengalaman manusia setelah kematian.

Kesimpulan

Tauhid adalah keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan yang menciptakan, mengatur, dan menguasai alam semesta. Ilmu tauhid merupakan ilmu yang mempelajari tentang tauhid. Ada beberapa nama ilmu tauhid yang harus dipahami oleh setiap muslim, yaitu ilmu tauhid umum, ilmu tauhid khusus, ilmu tauhid al-wahdah, ilmu tauhid al-uluhiyah, ilmu tauhid al-asma’ wa sifat, ilmu tauhid al-hakimiyyah, ilmu tauhid al-qada’ wa al-qadar, dan ilmu tauhid al-akhira. Dengan memahami tauhid dan ilmu tauhid, manusia menjadi lebih dekat dengan Tuhan dan dapat hidup sesuai dengan ajaran Islam.

Pos Terkait:  Bagaimana Hukumnya Taqlid?