Umum

Pengertian Licik: Ciri-Ciri Orang Licik

×

Pengertian Licik: Ciri-Ciri Orang Licik

Share this article

Orang licik adalah orang yang memiliki sifat yang kurang baik dan seringkali membuat orang lain merasa tidak nyaman. Pengertian licik adalah perilaku yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan atau kepentingan pribadi dengan cara yang tidak jujur dan tidak fair terhadap orang lain.

Ciri-Ciri Orang Licik

Berikut adalah beberapa ciri-ciri orang licik:

1. Suka Menipu

Orang licik seringkali suka menipu dan berbohong untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Mereka tidak peduli dengan akibat dari perbuatannya dan seringkali merugikan orang lain.

2. Tidak Jujur

Orang licik tidak jujur dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Mereka seringkali berpura-pura dan menyembunyikan fakta yang sebenarnya untuk mencapai tujuan mereka.

3. Tidak Bertanggung Jawab

Orang licik seringkali tidak mau bertanggung jawab atas tindakan yang mereka lakukan. Mereka menghindari tanggung jawab dan mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan mereka.

Pos Terkait:  Isi Kandungan QS Al Baqarah Ayat dan Maknanya

4. Suka Memanipulasi

Orang licik suka memanipulasi orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Mereka menggunakan kecerdikan dan keahlian mereka untuk mengendalikan situasi dan merugikan orang lain.

5. Egois

Orang licik cenderung egois dan hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak peduli dengan kepentingan orang lain dan seringkali merugikan orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Contoh Orang Licik

Berikut adalah beberapa contoh orang licik:

1. Pemimpin yang Korup

Pemimpin yang korup seringkali menggunakan jabatannya untuk mencari keuntungan pribadi dan merugikan rakyatnya. Mereka tidak peduli dengan kepentingan rakyat dan hanya memikirkan kepentingan pribadi.

2. Sahabat yang Tidak Setia

Sahabat yang tidak setia seringkali memanipulasi teman-temannya untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Mereka tidak peduli dengan perasaan teman-temannya dan hanya memikirkan keuntungan pribadi.

3. Partner Bisnis yang Tidak Jujur

Partner bisnis yang tidak jujur seringkali menipu dan memanipulasi bisnis untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Mereka tidak peduli dengan kepentingan bisnis dan hanya memikirkan keuntungan pribadi.

Cara Menghadapi Orang Licik

Berikut adalah beberapa cara menghadapi orang licik:

1. Jangan Mudah Percaya

Ketika berhadapan dengan orang licik, jangan mudah percaya dan selalu periksa informasi yang diberikan. Jangan mudah terpancing dan selalu waspada.

Pos Terkait:  Strategi dan Kebijakan Pemerintahan: Membangun Indonesia yang Lebih Baik

2. Jangan Terlalu Baik

Jangan terlalu baik pada orang licik karena mereka seringkali memanfaatkan kebaikan orang lain untuk mencapai tujuan mereka sendiri.

3. Berani Menolak

Berani menolak permintaan atau tawaran dari orang licik jika merugikan kita. Jangan takut untuk mengatakan tidak.

Kesimpulan

Sekian artikel mengenai pengertian licik dan ciri-ciri orang licik. Orang licik adalah orang yang memiliki sifat yang kurang baik dan seringkali membuat orang lain merasa tidak nyaman. Untuk menghadapi orang licik, jangan mudah percaya, jangan terlalu baik, dan berani menolak.