Fi Amanillah Apa Artinya dan Apa Jawabannya

Posted on

Pendahuluan

Fi Amanillah adalah salah satu kalimat yang sering kita dengar dari orang-orang muslim saat berpisah atau meninggalkan suatu tempat. Namun, bagi sebagian orang yang belum memahami artinya, kalimat ini seringkali membuat bingung dan bertanya-tanya apa sebenarnya arti dari Fi Amanillah dan apa jawabannya.

Arti Fi Amanillah

Fi Amanillah dalam bahasa Arab terdiri dari dua kata yaitu “Fi” yang berarti “di dalam” dan “Amanillah” yang berarti “aman di bawah perlindungan Allah”. Jadi, secara harfiah, Fi Amanillah berarti “di dalam keamanan Allah”.

Penggunaan Fi Amanillah

Fi Amanillah biasanya digunakan sebagai ungkapan perpisahan atau ketika seseorang akan meninggalkan suatu tempat. Dalam konteks ini, Fi Amanillah digunakan sebagai doa atau harapan agar orang yang meninggalkan tempat tersebut tetap dalam perlindungan Allah dan selamat sampai tujuan.

Contoh Penggunaan Fi Amanillah

Contoh penggunaan Fi Amanillah adalah ketika seorang muslim akan meninggalkan rumahnya untuk pergi ke tempat lain. Sebelum pergi, ia mengucapkan Fi Amanillah kepada keluarganya atau orang yang tinggal di rumah tersebut sebagai doa agar mereka tetap dalam perlindungan Allah dan selamat.

Pos Terkait:  Hukum Tidak Ucapkan Salam Saat Nama Rasulullah Disebut

Jawaban atas Fi Amanillah

Jawaban atas Fi Amanillah biasanya adalah “Wa Alikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh”. Arti dari kalimat tersebut adalah “Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya beserta kamu juga”.

Makna Jawaban Fi Amanillah

Jawaban “Wa Alikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh” memiliki makna yang sangat dalam. Dalam konteks ini, orang yang memberikan jawaban tersebut mendoakan agar orang yang pergi tetap dalam perlindungan Allah serta mendapatkan rahmat dan keberkahan-Nya. Selain itu, dengan memberikan jawaban tersebut, orang tersebut juga mendoakan agar dirinya sendiri mendapatkan keberkahan dari Allah.

Keutamaan Mengucapkan Fi Amanillah dan Jawabannya

Mengucapkan Fi Amanillah dan jawabannya memiliki keutamaan yang sangat baik dalam agama Islam. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa keluar dari rumahnya lalu mengucapkan Bismillah, Lillahi Tawakkaltu ‘Alallah, Laa Hawlawa laa quwwata illa billah, kemudian dia mengucapkan salam kepada keluarganya, maka dosanya diampuni dan dia dilindungi dari setan selama ia berada di jalan yang panjang atau pendek.”

Kesimpulan

Fi Amanillah adalah ungkapan doa atau harapan agar orang yang meninggalkan suatu tempat tetap dalam perlindungan Allah dan selamat sampai tujuan. Jawaban atas Fi Amanillah adalah “Wa Alikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh” yang memiliki makna doa agar semua orang tetap dalam perlindungan Allah serta mendapatkan rahmat dan keberkahan-Nya. Mengucapkan Fi Amanillah dan jawabannya memiliki keutamaan yang sangat baik dalam agama Islam, sehingga sangat dianjurkan untuk selalu mengucapkannya ketika berpisah dengan orang lain.