Umum

Pengertian Dhaman Dasar Hukum Syarat

×

Pengertian Dhaman Dasar Hukum Syarat

Share this article

Dhaman adalah sebuah bentuk jaminan yang digunakan dalam dunia keuangan. Dalam dunia bisnis, dhaman sering digunakan sebagai syarat dalam melakukan transaksi atau pinjaman. Dalam hukum, dhaman biasa disebut sebagai dasar hukum syarat.

Pengertian Dasar Hukum Syarat

Dasar hukum syarat merupakan sebuah perjanjian yang dibuat oleh dua belah pihak. Isi dari perjanjian ini adalah kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak mengenai syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjalankan perjanjian tersebut.

Dasar hukum syarat juga memiliki peran penting dalam hukum Islam. Dalam hukum Islam, dasar hukum syarat digunakan untuk menentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah perjanjian, termasuk perjanjian bisnis atau pinjaman.

Definisi Dhaman

Dhaman adalah sebuah bentuk jaminan yang diberikan oleh salah satu pihak kepada pihak lainnya. Jaminan ini diberikan untuk menjamin pelaksanaan suatu perjanjian atau pinjaman. Dalam dunia keuangan, dhaman sering digunakan sebagai syarat dalam melakukan transaksi atau pinjaman.

Dalam hukum Islam, dhaman juga dikenal sebagai salah satu bentuk akad yang digunakan dalam melakukan transaksi. Dalam akad dhaman, pihak yang memberikan jaminan akan menjamin pelaksanaan suatu perjanjian atau pinjaman.

Pos Terkait:  Pengertian Ilmu Kalam: Ruang Lingkup dan Pentingannya

Jenis-Jenis Dhaman

Ada beberapa jenis dhaman yang umumnya digunakan dalam dunia keuangan, antara lain:

  • Dhaman Wajib
  • Dhaman Mustahal
  • Dhaman Mubah
  • Dhaman Haram

Dhaman Wajib

Dhaman wajib adalah bentuk jaminan yang harus diberikan oleh pihak yang memiliki kewajiban kepada pihak yang menerima jaminan. Dalam hal ini, pihak yang memberikan jaminan bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan keabsahan jaminan yang diberikan.

Dhaman Mustahal

Dhaman mustahal adalah bentuk jaminan yang diberikan oleh pihak yang mempunyai kemampuan untuk memberikan jaminan. Dalam hal ini, pihak yang memberikan jaminan tidak bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan keabsahan jaminan yang diberikan.

Dhaman Mubah

Dhaman mubah adalah bentuk jaminan yang diberikan oleh pihak yang memiliki keleluasaan untuk memberikan atau tidak memberikan jaminan. Dalam hal ini, pihak yang memberikan jaminan tidak memiliki kewajiban atau tanggung jawab terhadap jaminan yang diberikan.

Dhaman Haram

Dhaman haram adalah bentuk jaminan yang dilarang dalam hukum Islam. Dalam hal ini, pihak yang memberikan jaminan tidak boleh melakukannya karena dapat merugikan pihak lain atau melanggar hukum Islam.

Manfaat Dhaman

Dalam dunia keuangan, dhaman memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Menjamin pelaksanaan suatu perjanjian atau pinjaman
  • Menambah kepercayaan antara kedua belah pihak
  • Memudahkan proses transaksi atau pinjaman
  • Menjaga keamanan dalam melakukan transaksi atau pinjaman
Pos Terkait:  Aturan Fiqih Tidak Berpuasa bagi Musafir

Ketentuan Dalam Dhaman

Dalam melakukan dhaman, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Isi dari jaminan harus jelas dan sesuai dengan perjanjian yang dibuat
  • Jaminan harus diberikan oleh pihak yang memiliki kemampuan atau kewajiban untuk memberikan jaminan
  • Jaminan harus disetujui oleh kedua belah pihak
  • Apabila terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan perjanjian, maka pihak yang memberikan jaminan harus bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi

Contoh Kasus Dhaman

Salah satu contoh kasus dhaman adalah ketika seseorang meminjam uang dari bank. Sebelum bank memberikan pinjaman, biasanya bank akan meminta jaminan dari pihak yang meminjam uang.

Contoh jaminan yang diminta oleh bank bisa berupa sertifikat tanah atau kendaraan bermotor. Jaminan ini akan digunakan oleh bank jika pihak yang meminjam uang tidak dapat membayar kembali pinjamannya.

Kesimpulan

Dhaman dasar hukum syarat merupakan sebuah bentuk jaminan yang digunakan dalam dunia keuangan dan bisnis. Dalam hukum Islam, dhaman juga dikenal sebagai salah satu bentuk akad yang digunakan dalam melakukan transaksi.

Dalam melakukan dhaman, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, antara lain isi dari jaminan harus jelas dan sesuai dengan perjanjian yang dibuat, jaminan harus diberikan oleh pihak yang memiliki kemampuan atau kewajiban untuk memberikan jaminan, dan jaminan harus disetujui oleh kedua belah pihak.

Pos Terkait:  Doa Embus Air dari Hidung saat Wudhu

Dalam dunia keuangan, dhaman memiliki beberapa manfaat, antara lain menjamin pelaksanaan suatu perjanjian atau pinjaman, menambah kepercayaan antara kedua belah pihak, memudahkan proses transaksi atau pinjaman, dan menjaga keamanan dalam melakukan transaksi atau pinjaman.