Umum

Keutamaan Membaca Alquran: Mengenal Lebih Dekat dengan Kitab Suci

×

Keutamaan Membaca Alquran: Mengenal Lebih Dekat dengan Kitab Suci

Share this article

Bicara tentang agama Islam, maka tidak bisa dipisahkan dengan kitab suci Alquran. Kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW ini menjadi pedoman bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan. Tidak hanya itu, membaca Alquran juga memiliki banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Alquran yang perlu kita ketahui:

1. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Salah satu keutamaan membaca Alquran adalah mendapatkan pahala yang berlimpah. Setiap huruf yang dibaca dari Alquran akan mendapatkan satu pahala. Bahkan, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa satu huruf dari Alquran akan mendapatkan sepuluh kebaikan. Bayangkan berapa banyak pahala yang bisa kita dapatkan jika rajin membaca Alquran setiap hari.

2. Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa

Membaca Alquran juga bisa membantu kita meningkatkan kualitas iman dan taqwa. Dalam Alquran terdapat banyak ayat dan kisah yang bisa menjadi pelajaran bagi kita. Dengan membaca dan memahami Alquran, kita bisa lebih mudah memahami ajaran Islam dan menjalankan ibadah dengan lebih baik.

Pos Terkait:  Isi Kandungan Al Quran Surat At Taubah

3. Menenangkan Hati dan Pikiran

Alquran juga memiliki kekuatan untuk menenangkan hati dan pikiran. Saat kita membaca Alquran dengan khusyuk, maka hati dan pikiran kita akan merasa tenang dan damai. Hal ini karena Alquran memancarkan kekuatan spiritual yang bisa menghilangkan rasa gelisah dan cemas dalam diri kita.

4. Membantu Mengatasi Masalah dan Kesulitan

Saat kita menghadapi masalah atau kesulitan dalam hidup, membaca Alquran bisa menjadi solusi yang tepat. Alquran mengandung banyak doa dan ayat yang bisa membantu kita mengatasi masalah dan kesulitan yang sedang dihadapi. Selain itu, membaca Alquran juga bisa membantu kita meraih keberkahan dan keberuntungan dalam hidup.

5. Menjauhkan dari Gangguan Jin dan Setan

Alquran juga memiliki kekuatan untuk menjauhkan kita dari gangguan jin dan setan. Saat kita membaca Alquran dengan khusyuk, maka kita akan terlindungi dari gangguan makhluk halus yang tidak terlihat oleh mata. Bahkan, membaca Alquran juga bisa membantu kita mengusir jin dan setan yang meresahkan dalam rumah atau lingkungan sekitar.

6. Meningkatkan Kecerdasan dan Kepribadian

Membaca Alquran juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan dan kepribadian kita. Dalam Alquran terdapat banyak ayat dan kisah yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Selain itu, membaca Alquran juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berpikir kritis kita.

Pos Terkait:  11 Keutamaan Haji, dari Ampunan hingga Mampu Memberi

7. Mendapatkan Syafaat di Akhirat

Salah satu keutamaan membaca Alquran adalah mendapatkan syafaat di akhirat. Saat kita membaca Alquran dengan ikhlas dan khusyuk, maka kita akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak. Syafaat ini bisa membantu kita melewati berbagai ujian dan kesulitan yang ada di akhirat.

8. Menjadi Lebih Dekat dengan Allah SWT

Yang terakhir, membaca Alquran juga bisa membantu kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Saat kita membaca Alquran dengan khusyuk dan penuh keikhlasan, maka kita akan merasakan kehadiran Allah SWT yang begitu dekat dengan kita. Hal ini bisa membantu kita memperkuat iman dan taqwa, serta menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Itulah beberapa keutamaan membaca Alquran yang perlu kita ketahui. Semoga dengan membaca Alquran, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan dalam hidup. Aamiin.