Umum

Dalil al Quran dan Hadits tentang

×

Dalil al Quran dan Hadits tentang

Share this article

Pengenalan

Al Quran dan Hadits adalah sumber utama bagi umat Islam dalam menuntun kehidupannya. Al Quran sebagai kitab suci bagi umat Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, sedangkan Hadits merupakan kata-kata atau tindakan Nabi Muhammad SAW yang dijadikan pedoman oleh umat Islam. Dalam artikel ini, kita akan membahas dalil al Quran dan Hadits tentang beberapa topik penting dalam kehidupan kita sebagai muslim.

Tauhid

Tauhid adalah keyakinan bahwa hanya ada satu Allah yang berkuasa atas segala sesuatu. Dalil al Quran tentang tauhid terdapat pada Surah Al Ikhlas yang berbunyi “Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah (satu-satunya) Tuhan. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”. Hadits tentang tauhid yaitu hadits Jibril yang menceritakan ketika Jibril menanyakan tentang iman, Islam, dan ihsan kepada Nabi Muhammad SAW.

Shalat

Shalat adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dalil al Quran tentang shalat yaitu Surah Al Baqarah ayat 238 yang berbunyi “Jaga shalatmu, dan (janganlah kamu) jatuhkan ke dalam keteledoran. Dan janganlah kamu shalat itu dengan cepat-cepat, dan jangan pula dengan terlalu lambat. Tetaplah di atas kaidah-kaidah yang diwajibkan (Allah) atas kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang melampaui batas”. Hadits tentang shalat yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Shalatlah seakan-akan engkau melihat Allah SWT, dan jika engkau tidak bisa melihat-Nya, maka Dia pasti melihatmu”.

Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu. Dalil al Quran tentang zakat terdapat pada Surah Al Baqarah ayat 177 yang berbunyi “Bukanlah taqwa itu menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, akan tetapi taqwa yang sebenarnya ialah orang yang beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan dan penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”. Hadits tentang zakat yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Islam didirikan di atas lima perkara: kesaksian bahwa tiada ilah yang berhak diibadahi selain Allah SWT dan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan-Nya, menunaikan shalat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan, dan pergi haji ke Baitullah”.

Pos Terkait:  Contoh Soal Latihan dan Jawaban Ski

Puasa

Puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan. Dalil al Quran tentang puasa terdapat pada Surah Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”. Hadits tentang puasa yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”.

Haji

Haji adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam setidaknya sekali seumur hidupnya jika mampu. Dalil al Quran tentang haji terdapat pada Surah Ali Imran ayat 97 yang berbunyi “Dan haji ke Baitullah itu adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah”. Hadits tentang haji yaitu hadits dari Ibn Abbas yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang mengerjakan haji tanpa melakukan perbuatan yang sia-sia dan tidak berbuat dosa, maka dia akan kembali seperti bayi yang baru lahir”.

Jihad

Jihad adalah perjuangan dalam rangka mempertahankan agama Islam. Dalil al Quran tentang jihad terdapat pada Surah Al Baqarah ayat 216 yang berbunyi “Diwajibkan atas kamu (berjihad), padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu; dan bisa jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”. Hadits tentang jihad yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang berperang di jalan Allah SWT, maka dia akan diberikan pahala besar”.

Perkawinan

Perkawinan adalah suatu ikatan yang diakui oleh agama Islam antara seorang pria dan seorang wanita. Dalil al Quran tentang perkawinan terdapat pada Surah An Nisa ayat 1 yang berbunyi “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. Hadits tentang perkawinan yaitu hadits dari Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Perkawinan adalah separuh agama, maka hendaklah engkau berbuat baik pada separuh yang lain”.

Pos Terkait:  Doa Setelah Sholat Wajib

Akhlak

Akhlak adalah perilaku dan sikap seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Dalil al Quran tentang akhlak terdapat pada Surah Al Hujurat ayat 11-12 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan). Dan janganlah wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Janganlah kamu saling mencela, dan janganlah kamu saling memanggil dengan gelaran yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah (disandang) iman, dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang yang zalim”. Hadits tentang akhlak yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang beriman kepada Allah SWT dan hari kemudian, maka hendaklah dia berkata yang baik atau diam”.

Kebaikan

Kebaikan adalah tindakan yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Dalil al Quran tentang kebaikan terdapat pada Surah Al Baqarah ayat 195 yang berbunyi “Dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”. Hadits tentang kebaikan yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang membantu orang lain dalam kesulitan, maka Allah SWT akan membantunya dalam kesulitan yang lebih besar”.

Kesabaran

Kesabaran adalah kemampuan seseorang untuk menghadapi cobaan dan kesulitan dengan tenang dan sabar. Dalil al Quran tentang kesabaran terdapat pada Surah Al Baqarah ayat 153 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah SWT) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. Hadits tentang kesabaran yaitu hadits dari Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Allah SWT telah menjanjikan surga untuk orang-orang yang sabar dalam menghadapi kesulitan dan cobaan”.

Pos Terkait:  Membiasakan Perilaku Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari

Kesaksian

Kesaksian adalah ucapannya seseorang atas suatu peristiwa atau kejadian yang dialaminya. Dalil al Quran tentang kesaksian terdapat pada Surah An Nisa ayat 135 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, peganglah (teguh-teguh) keadilan dan menjadi saksi karena Allah, sekalipun (kesaksian itu) terhadap dirimu sendiri, atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau miskin, maka Allah lebih tahu akan keduanya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan memberikannya (kesaksiannya), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Hadits tentang kesaksian yaitu hadits dari Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang menyaksikan kebenaran dan menyampaikan kesaksiannya, maka dia akan diberikan pahala yang besar”.

Keadilan

Keadilan adalah perlakuan yang sama terhadap semua orang tanpa pandang bulu. Dalil al Quran tentang keadilan terdapat pada Surah An Nisa ayat 135 yang telah dijelaskan pada subjudul sebelumnya. Hadits tentang keadilan yaitu hadits dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang tidak berbuat adil, maka dia tidak akan merasakan kebaikan”.

Menghormati Orang Tua

Menghormati orang tua adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dalil al Quran tentang menghormati orang tua terdapat pada Surah Al Isra ayat 23-24 yang berbunyi “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia”. Hadits tentang menghormati orang tua yaitu hadits dari Abdullah bin Masud yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Allah SWT akan memberikan rahmat-Nya kepada orang yang menghormati orang tuanya”.

Menjaga Amanah

Menjaga amanah adalah tanggung jawab bagi setiap muslim. Dalil al Quran tentang menjaga amanah terdapat pada Surah Al Ahzab ayat 72 yang berbunyi “Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi, dan