Pengertian Mad Lazim dan Macam-Macam Mad

Posted on

Pengertian Mad Lazim

Mad lazim merupakan salah satu dari enam belas jenis mad atau hukum bacaan dalam ilmu tajwid. Mad lazim terbagi menjadi dua jenis, yaitu mad lazim harfiy dan mad lazim kilmiy. Mad lazim harfiy terjadi karena adanya huruf-huruf tertentu yang bertemu dalam satu kata, sedangkan mad lazim kilmiy terjadi karena adanya kata yang bersambung.

Macam-Macam Mad Lazim Harfiy

Mad lazim harfiy terdiri dari empat macam, yaitu mad lazim harfiy mukhaffaf, mad lazim harfiy mutamatsil, mad lazim harfiy munfasil, dan mad lazim harfiy musyaddad.

Mad Lazim Harfiy Mukhaffaf

Mad lazim harfiy mukhaffaf terjadi karena adanya huruf yang memiliki panjang bacaan yang lebih pendek dari huruf yang lain. Contohnya adalah huruf ya’ dan wawu dalam kata “saya” dan “sawu”.

Mad Lazim Harfiy Mutamatsil

Mad lazim harfiy mutamatsil terjadi karena adanya huruf yang memiliki panjang bacaan yang sama dan saling bertemu dalam satu kata. Contohnya adalah huruf alif dan wawu dalam kata “sawfa” dan “sawwu”.

Pos Terkait:  Alien dan Kehidupan di Luar Bumi: Bagaimana Islam Memandangnya?

Mad Lazim Harfiy Munfasil

Mad lazim harfiy munfasil terjadi karena adanya huruf yang memiliki panjang bacaan yang sama dan terpisah oleh huruf yang pendek. Contohnya adalah huruf alif dan wawu dalam kata “baiti” dan “rawu”.

Mad Lazim Harfiy Musyaddad

Mad lazim harfiy musyaddad terjadi karena adanya dua huruf yang bertemu dalam satu kata yang memiliki panjang bacaan yang sama dan saling bertemu. Contohnya adalah huruf alif dan lam dalam kata “alim” dan “lamu”.

Macam-Macam Mad Lazim Kilmiy

Mad lazim kilmiy terbagi menjadi dua jenis, yaitu mad lazim kilmiy mukhaffaf dan mad lazim kilmiy mutamatsil.

Mad Lazim Kilmiy Mukhaffaf

Mad lazim kilmiy mukhaffaf terjadi karena adanya kata yang diakhiri dengan huruf yang pendek dan diikuti dengan kata yang diawali dengan huruf yang pendek pula. Contohnya adalah dalam kalimat “saya ingin makan nasi” yang diucapkan dengan tempo yang sama.

Mad Lazim Kilmiy Mutamatsil

Mad lazim kilmiy mutamatsil terjadi karena adanya kata yang diakhiri dengan huruf yang pendek dan diikuti dengan kata yang diawali dengan huruf yang panjang. Contohnya adalah dalam kalimat “saya ingin makan ayam” yang diucapkan dengan tempo yang sama.

Pos Terkait:  Pohon Pisang Milik Monyet: Kisah Unik di Hutan Indonesia

Kesimpulan

Mad lazim merupakan salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang harus diperhatikan saat membaca al-Quran. Mad lazim terbagi menjadi dua jenis, yaitu mad lazim harfiy dan mad lazim kilmiy. Mad lazim harfiy terdiri dari empat macam, yaitu mad lazim harfiy mukhaffaf, mad lazim harfiy mutamatsil, mad lazim harfiy munfasil, dan mad lazim harfiy musyaddad. Sedangkan mad lazim kilmiy terbagi menjadi dua jenis, yaitu mad lazim kilmiy mukhaffaf dan mad lazim kilmiy mutamatsil. Dengan memahami pengertian dan macam-macam mad lazim, diharapkan pembaca dapat membaca al-Quran dengan benar dan sesuai dengan tajwid yang seharusnya.