Seperti Apa Dabatul Ard Ini Kata Nabi

Posted on

Dalam agama Islam, Dabatul Ard adalah salah satu makhluk yang diceritakan dalam Al-Quran. Banyak orang yang penasaran seperti apa Dabatul Ard ini sebenarnya dan apa yang dikatakan oleh Nabi tentang makhluk ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Dabatul Ard dan apa yang disampaikan oleh Nabi tentangnya.

Apa itu Dabatul Ard?

Dabatul Ard adalah makhluk yang diceritakan dalam Al-Quran yang akan muncul di akhir zaman. Makhluk ini akan keluar dari bumi dan berbicara dengan manusia. Dabatul Ard juga dikenal sebagai Dabatul Akhir Zaman.

Menurut Al-Quran, Dabatul Ard adalah makhluk yang unik dan memiliki banyak keajaiban. Dalam surah Al-Kahf ayat 83-98, Dabatul Ard digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan manusia dan memberikan petunjuk kepada mereka.

Apa yang Dikatakan oleh Nabi tentang Dabatul Ard?

Nabi Muhammad SAW telah memberikan beberapa hadis tentang Dabatul Ard. Salah satu hadis yang paling terkenal adalah hadis yang mengatakan bahwa Dabatul Ard akan keluar dari bumi dan memberikan tanda kiamat akan segera tiba.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Qiyamul Lail dan Bagaimana Cara Melaksanakannya

Dalam hadis yang lain, Nabi juga mengatakan bahwa Dabatul Ard akan berbicara dengan manusia dan memberikan petunjuk kepada mereka. Dabatul Ard juga akan memiliki kemampuan untuk mengenali orang yang beriman dan orang yang tidak beriman.

Bagaimana Bentuk Dabatul Ard?

Banyak orang penasaran tentang bentuk Dabatul Ard. Namun, tidak ada deskripsi yang pasti tentang bentuk makhluk ini. Beberapa ulama mengatakan bahwa Dabatul Ard memiliki bentuk yang mirip dengan binatang, sementara yang lain mengatakan bahwa Dabatul Ard memiliki bentuk yang mirip dengan manusia.

Namun, yang pasti adalah Dabatul Ard akan memiliki kemampuan untuk berbicara dengan manusia dan memberikan petunjuk kepada mereka.

Apakah Dabatul Ard Sudah Muncul?

Banyak orang yang bertanya-tanya apakah Dabatul Ard sudah muncul atau belum. Namun, tidak ada yang tahu kapan Dabatul Ard akan muncul. Hanya Allah yang mengetahui kapan Dabatul Ard akan keluar dari bumi.

Namun, ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat sudah semakin dekat. Salah satu tanda-tanda tersebut adalah munculnya berbagai macam bencana dan kekacauan di seluruh dunia.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Dabatul Ard Sudah Muncul?

Jika Dabatul Ard sudah muncul, maka kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi akhir zaman. Kita harus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Pos Terkait:  Beda Letak Kepala Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Kita juga harus memperbanyak ibadah dan beramal sholeh. Kita harus berusaha untuk selalu melakukan kebaikan dan menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Dabatul Ard adalah makhluk yang diceritakan dalam Al-Quran yang akan muncul di akhir zaman. Makhluk ini akan keluar dari bumi dan berbicara dengan manusia. Dalam hadis yang disampaikan oleh Nabi, Dabatul Ard akan memberikan petunjuk kepada manusia dan memiliki kemampuan untuk mengenali orang yang beriman dan orang yang tidak beriman.

Walaupun tidak ada deskripsi yang pasti tentang bentuk Dabatul Ard, namun yang pasti adalah makhluk ini akan memiliki kemampuan untuk berbicara dengan manusia dan memberikan petunjuk kepada mereka.

Jika Dabatul Ard sudah muncul, maka kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi akhir zaman dengan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT serta memperbanyak ibadah dan beramal sholeh.