Umum

Pesan Nabi Ketika Dengar Kokok Ayam, Lolongan Anjing, dan Ringkikan Keledai

×

Pesan Nabi Ketika Dengar Kokok Ayam, Lolongan Anjing, dan Ringkikan Keledai

Share this article

Adalah hal yang biasa jika kita mendengar suara ayam berkokok, anjing melolong, atau keledai merengek. Namun, tahukah Anda bahwa dalam agama Islam, suara-suara tersebut memiliki makna dan pesan dari Nabi Muhammad SAW?

1. Kokok Ayam

Kokok ayam sering kali dianggap sebagai tanda pagi hari dan pertanda bahwa waktu shalat subuh telah tiba. Namun, Nabi Muhammad SAW juga memberikan pesan penting mengenai kokok ayam.

Beliau bersabda, “Jika kamu mendengar suara ayam berkokok, maka berdoalah kepada Allah karena sesungguhnya ia telah melihat sesuatu yang tidak kamu lihat” (HR. Bukhari).

Hal ini mengajarkan kita untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dan mengingat bahwa ada banyak hal di dunia ini yang kita tidak bisa melihat atau ketahui.

2. Lolongan Anjing

Bagaimana dengan lolongan anjing? Ada banyak mitos dan kepercayaan yang beredar mengenai suara anjing yang melolong. Namun, Nabi Muhammad SAW memberikan pesan yang lebih positif mengenai suara ini.

Beliau bersabda, “Jika kamu mendengar suara anjing melolong di malam hari, maka berdoalah kepada Allah karena sesungguhnya ia melihat sesuatu yang kamu tidak lihat” (HR. Bukhari).

Pos Terkait:  Al-Wirdul Lathif: Pengarang, Keutamaan, dan Cara

Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk selalu berdoa dan mengingat kebesaran Allah SWT, bahkan dalam situasi yang mungkin menakutkan atau tidak nyaman.

3. Ringkikan Keledai

Terakhir, ada suara ringkikan keledai. Suara ini mungkin terdengar biasa saja, namun Nabi Muhammad SAW memberikan pesan yang sangat penting mengenai keledai.

Beliau bersabda, “Janganlah kamu menyakiti keledai dan janganlah kamu memaksanya bekerja terlalu keras, karena keledai adalah saudara dari binatang yang menarik beban” (HR. Abu Dawud).

Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk selalu menyayangi dan memperlakukan binatang dengan baik, karena mereka juga memiliki hak-hak yang harus dihormati.

Kesimpulan

Suara-suara alam seperti kokok ayam, lolongan anjing, dan ringkikan keledai memang sering terdengar di sekitar kita. Namun, sebagai umat Islam, kita harus selalu mengingat pesan Nabi Muhammad SAW yang terkandung di dalamnya.

Dengan senantiasa berdoa dan menghormati makhluk lain di sekitar kita, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.