Umum

Pengertian Doa dan Dalil Al Quran

×

Pengertian Doa dan Dalil Al Quran

Share this article

Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Doa dapat kita lakukan kapan saja dan di mana saja. Doa juga merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Dalam Al Quran, doa dijelaskan sebagai permintaan atau harapan seseorang kepada Allah SWT. Selain itu, doa juga dapat diartikan sebagai upaya untuk memperoleh perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Pengertian Doa

Doa merupakan permintaan atau harapan yang dilakukan oleh manusia kepada Allah SWT. Secara sederhana, doa dapat diartikan sebagai salah satu bentuk ibadah yang paling utama dalam agama Islam. Dalam Al Quran, doa dijelaskan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk memperoleh kebaikan dan keberkahan dalam hidup ini.

Dalil Al Quran tentang Doa

Al Quran banyak membahas tentang doa dan keutamaannya dalam Islam. Salah satu ayat Al Quran yang menjadi dasar dalil tentang doa adalah surat Al Baqarah ayat 186. Ayat tersebut berbunyi, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Pos Terkait:  Mandi Junub Harus Gunakan Shampo atau Sabun

Selain itu, Al Quran juga menegaskan bahwa doa adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Dalam surat Al Mu’min ayat 60, Allah SWT berfirman, “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdo’alah kepada-Ku, pasti akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.'”

Keutamaan Doa dalam Islam

Doa memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya adalah sebagai sarana untuk memperoleh perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Dalam surat Al Baqarah ayat 186, Allah SWT berfirman bahwa Dia akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Nya.

Selain itu, doa juga memiliki keutamaan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam surat Al Mu’min ayat 60, Allah SWT menegaskan bahwa doa adalah ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Doa juga memiliki keutamaan sebagai sarana untuk menghilangkan segala kesulitan dan kesengsaraan. Dalam surat Al Anbiya ayat 83, Allah SWT berfirman, “Dan (ingatlah) Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya, ‘Sesungguhnya aku telah ditimpa kesengsaraan dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang dari segala yang penyayang.’ Maka Kami perkenankan permohonannya, lalu Kami hilangkan kesengsaraan yang ada padanya.”

Pos Terkait:  Mim Sukun: Penjelasan Lengkap dan Contoh Penggunaannya

Jenis-jenis Doa dalam Islam

Doa dalam Islam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu doa yang bersifat umum dan doa yang bersifat khusus. Doa yang bersifat umum adalah doa yang dapat dilakukan oleh semua orang dalam setiap waktu dan keadaan. Contoh doa yang bersifat umum adalah doa untuk memohon keberkahan, doa untuk memohon ampunan, dan doa untuk memohon perlindungan dari segala macam bahaya.

Sedangkan doa yang bersifat khusus adalah doa yang ditujukan untuk kepentingan tertentu. Contoh doa yang bersifat khusus adalah doa untuk memohon kesembuhan dari penyakit, doa untuk memohon rezeki yang halal, dan doa untuk memohon keberhasilan dalam ujian atau pekerjaan.

Cara Berdoa yang Benar dalam Islam

Berdoa merupakan ibadah yang harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini adalah cara berdoa yang benar dalam Islam:

  • Berwudhu terlebih dahulu
  • Menghadap kiblat
  • Memulai doa dengan puji-pujian kepada Allah SWT
  • Menyebutkan tawasul, yaitu memohon kepada Allah SWT dengan menyebutkan nama-nama-Nya yang agung
  • Memohon kepada Allah SWT sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita
  • Mengakhiri doa dengan ucapan syukur dan permohonan ampunan

Kesimpulan

Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Doa dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dalam Al Quran, doa dijelaskan sebagai permintaan atau harapan seseorang kepada Allah SWT. Selain itu, doa juga dapat diartikan sebagai upaya untuk memperoleh perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa memiliki banyak keutamaan dalam Islam, sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghilangkan segala kesulitan dan kesengsaraan, serta memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Untuk berdoa dengan benar, kita harus berwudhu terlebih dahulu, menghadap kiblat, memulai doa dengan puji-pujian kepada Allah SWT, menyebutkan tawasul, memohon kepada Allah SWT sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, serta mengakhiri doa dengan ucapan syukur dan permohonan ampunan.

Pos Terkait:  Soal Ulangan Tentang Indahnya