Umum

Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia

×

Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia

Share this article

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, terdapat banyak masjid dengan arsitektur yang unik dan menarik perhatian. Berikut ini adalah beberapa masjid dengan arsitektur unik di Indonesia.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Kota Semarang dan memiliki arsitektur yang unik. Bentuk atap masjid ini menyerupai payung yang terbuka, sehingga disebut juga dengan Masjid Payung. Selain itu, masjid ini juga memiliki tiga menara yang melambangkan tiga agama yang dianut di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, dan Hindu.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid yang terletak di Kota Banda Aceh. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, yaitu bentuk atapnya menyerupai dua lapisan payung yang saling bertumpuk. Selain itu, masjid ini juga memiliki lima menara yang melambangkan lima rukun Islam.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal terletak di Jakarta dan merupakan masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini memiliki arsitektur yang modern dengan bentuk kubah yang besar dan menyerupai elips. Selain itu, masjid ini juga memiliki ruang shalat yang sangat luas dan dapat menampung ribuan jamaah.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho terletak di Kota Surabaya dan memiliki arsitektur yang unik. Masjid ini didesain dengan gaya arsitektur Tiongkok dan menyerupai kuil Buddha. Selain itu, masjid ini juga memiliki tiga menara yang melambangkan tiga agama yang dianut di Indonesia.

Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun terletak di Kota Medan dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai perahu. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Pos Terkait:  Khasiat dan Keajaiban Bacaan Ayat Kursi

Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kipas. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat. Masjid ini terletak di pusat Kota Palembang dan menjadi salah satu ikon kota tersebut.

Masjid Assalam

Masjid Assalam terletak di Kota Padang dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai cangkang kerang. Selain itu, masjid ini juga memiliki tiga menara yang melambangkan tiga agama yang dianut di Indonesia.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan masjid yang terletak di Kota Demak dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Cheng Ho Semarang

Masjid Cheng Ho Semarang terletak di Kota Semarang dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kupu-kupu yang sedang terbang. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya merupakan masjid yang terletak di Kota Surabaya dan memiliki arsitektur yang modern dengan bentuk kubah yang besar dan menyerupai elips. Selain itu, masjid ini juga memiliki ruang shalat yang sangat luas dan dapat menampung ribuan jamaah.

Masjid Agung Jawa Barat

Masjid Agung Jawa Barat terletak di Kota Bandung dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Raya Sumedang

Masjid Raya Sumedang terletak di Kota Sumedang dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kapal. Selain itu, masjid ini juga memiliki tiga menara yang melambangkan tiga agama yang dianut di Indonesia.

Masjid Baitul Makmur Palembang

Masjid Baitul Makmur Palembang terletak di Kota Palembang dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai kapal terbalik. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Pontianak

Masjid Agung Pontianak terletak di Kota Pontianak dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Pos Terkait:  Doa Takziah: Mengucapkan Belasungkawa dalam Islam

Masjid Agung Jambi

Masjid Agung Jambi terletak di Kota Jambi dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Istiqlal Blitar

Masjid Istiqlal Blitar terletak di Kota Blitar dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Kendari

Masjid Agung Kendari terletak di Kota Kendari dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Riau

Masjid Agung Riau terletak di Kota Pekanbaru dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Raya Palu

Masjid Raya Palu terletak di Kota Palu dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai perahu. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Baitul Makmur Bengkulu

Masjid Baitul Makmur Bengkulu terletak di Kota Bengkulu dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai cangkang kerang. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Sulawesi Tenggara

Masjid Agung Sulawesi Tenggara terletak di Kota Kendari dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Jami Al Mubarok

Masjid Jami Al Mubarok terletak di Kota Surabaya dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai cangkang kerang. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Jambi

Masjid Agung Jambi terletak di Kota Jambi dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Pos Terkait:  Doa Mendapatkan Jodoh: Cara Memohon Restu dari Allah SWT

Masjid Raya Gorontalo

Masjid Raya Gorontalo terletak di Kota Gorontalo dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Sumatera Selatan

Masjid Agung Sumatera Selatan terletak di Kota Palembang dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Raya Pekanbaru

Masjid Raya Pekanbaru terletak di Kota Pekanbaru dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten terletak di Kota Serang dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Aceh

Masjid Agung Aceh terletak di Kota Banda Aceh dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar terletak di Kota Makassar dan memiliki arsitektur yang unik dengan atap melengkung yang menyerupai kapal terbalik. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Lampung

Masjid Agung Lampung terletak di Kota
Bandar Lampung dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Masjid Agung Ternate

Masjid Agung Ternate terletak di Kota Ternate dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk atapnya menyerupai kubah yang besar. Selain itu, masjid ini juga memiliki dua menara yang melambangkan dua kalimat syahadat.

Kesimpulan

Indonesia memiliki banyak masjid dengan arsitektur yang unik dan menarik perhatian. Masjid-masjid tersebut tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai objek wisata dan kebanggaan masyarakat setempat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi pembaca untuk mengunjungi masjid-masjid tersebut.