Umum

Malaikat Hamalat Al Arsy: Pengertian, Tugas, dan Fungsi dalam Islam

×

Malaikat Hamalat Al Arsy: Pengertian, Tugas, dan Fungsi dalam Islam

Share this article

Malaikat hamalat al arsy adalah salah satu jenis malaikat dalam agama Islam yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting. Malaikat hamalat al arsy juga sering disebut sebagai malaikat penjaga arsy, karena tugas utamanya adalah menjaga arsy milik Allah SWT.

Pengertian Malaikat Hamalat Al Arsy

Malaikat hamalat al arsy adalah malaikat yang memiliki tugas khusus untuk menjaga arsy milik Allah SWT. Arsy sendiri adalah tempat Allah SWT bersemayam dan menjadi tempat tertinggi dalam hierarki alam semesta menurut kepercayaan Islam.

Malaikat hamalat al arsy juga sering disebut sebagai malaikat penjaga arsy, karena tugas utamanya adalah menjaga arsy dari segala gangguan dan ancaman yang mungkin datang. Malaikat hamalat al arsy juga bertugas untuk menyerukan doa dan pujian kepada Allah SWT dari atas arsy.

Tugas Malaikat Hamalat Al Arsy

Malaikat hamalat al arsy memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan kedamaian alam semesta menurut kepercayaan Islam. Tugas utama malaikat hamalat al arsy adalah menjaga arsy milik Allah SWT dari segala gangguan dan ancaman yang mungkin datang.

Pos Terkait:  Doa Saat Mengiringi Jenazah: Menyampaikan Doa untuk Orang yang Telah Tiada

Malaikat hamalat al arsy juga bertugas untuk menyerukan doa dan pujian kepada Allah SWT dari atas arsy. Malaikat ini juga bertugas untuk menjaga amanah Allah SWT dan menjalankan perintah-perintah-Nya.

Fungsi Malaikat Hamalat Al Arsy

Malaikat hamalat al arsy memiliki fungsi yang sangat penting dalam kepercayaan Islam. Fungsi utama malaikat hamalat al arsy adalah menjaga arsy milik Allah SWT dari segala gangguan dan ancaman yang mungkin datang.

Malaikat hamalat al arsy juga bertugas untuk menyerukan doa dan pujian kepada Allah SWT dari atas arsy. Fungsi lain dari malaikat hamalat al arsy adalah menolong dan membantu manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Allah SWT.

Hadits Tentang Malaikat Hamalat Al Arsy

Beberapa hadits tentang malaikat hamalat al arsy yang terkenal di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dari Abu Hurairah ra., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah memiliki malaikat yang lebih besar daripada gunung Uhud, namanya Hamalatul Arsy, yang membawa Arsy-Nya dan mereka memuji Tuhannya dan memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman.” (HR. Al-Bukhari)

2. Dari Abu Hurairah ra., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah memiliki malaikat yang lebih besar daripada gunung Uhud, namanya Hamalatul Arsy, yang membawa Arsy-Nya dan mereka memuji Tuhannya dan memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman.” (HR. Muslim)

Pos Terkait:  Pengertian Wara Dalil Manfaat dan

Kesimpulan

Malaikat hamalat al arsy adalah salah satu jenis malaikat dalam kepercayaan Islam yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting. Tugas utama malaikat hamalat al arsy adalah menjaga arsy milik Allah SWT dari segala gangguan dan ancaman yang mungkin datang, serta menyerukan doa dan pujian kepada Allah SWT dari atas arsy.

Malaikat hamalat al arsy juga memiliki fungsi lain yaitu membantu manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Allah SWT. Dalam beberapa hadits, malaikat hamalat al arsy disebut sebagai malaikat yang lebih besar daripada gunung Uhud dan mereka memuji Tuhannya serta memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman.