Umum

Wajib Tahu Ini Batas-batas Waktu Shalat

×

Wajib Tahu Ini Batas-batas Waktu Shalat

Share this article

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Tidak hanya sekadar menunaikan kewajiban, shalat juga memiliki nilai ibadah yang sangat tinggi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui batas-batas waktu shalat agar tidak terjadi kesalahan dalam menunaikan ibadah ini.

Waktu Shalat Subuh

Waktu shalat subuh dimulai dari terbitnya fajar shadiq dan berakhir pada terbitnya matahari. Jadi, jika kita ingin menunaikan shalat subuh, sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit. Batas waktu shalat subuh adalah ketika masuk waktu shalat dzuhur.

Waktu Shalat Dzuhur

Waktu shalat dzuhur dimulai dari tergelincirnya matahari hingga bayangan benda tegak lurus dengan panjang benda tersebut. Batas waktu shalat dzuhur adalah ketika masuk waktu shalat ashar.

Waktu Shalat Ashar

Waktu shalat ashar dimulai setelah batas waktu shalat dzuhur hingga matahari terbenam. Batas waktu shalat ashar adalah ketika masuk waktu shalat maghrib.

Waktu Shalat Maghrib

Waktu shalat maghrib dimulai setelah matahari terbenam hingga lenyapnya cahaya merah di barat. Batas waktu shalat maghrib adalah ketika masuk waktu shalat isya.

Waktu Shalat Isya

Waktu shalat isya dimulai setelah hilangnya cahaya merah di barat hingga tengah malam. Batas waktu shalat isya adalah sebelum terbit fajar shadiq.

Kesimpulan

Dalam menunaikan shalat, kita harus memperhatikan batas-batas waktu yang telah ditentukan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa shalat kita sah dan diterima oleh Allah SWT. Selain itu, dengan mengetahui batas waktu shalat, kita juga dapat mengatur jadwal aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan batas-batas waktu shalat dan berusaha menunaikan ibadah ini dengan penuh kesungguhan dan khusyuk. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kemudahan dalam menunaikan ibadah shalat dan selalu mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin.