Umum

Surat Ar Rahman: Keagungan dan Kebesaran Allah SWT

×

Surat Ar Rahman: Keagungan dan Kebesaran Allah SWT

Share this article

Surat Ar Rahman adalah surat ke-55 dalam Al-Quran yang terdiri dari 78 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang diturunkan di Mekah pada masa awal nabi Muhammad SAW diutus sebagai rasul Allah. Surat ini memiliki keistimewaan tersendiri karena ayat-ayatnya yang indah dan penuh makna. Surat Ar Rahman mengajarkan tentang keagungan dan kebesaran Allah SWT, serta memberikan pengingat kepada manusia untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya.

Pengertian Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman sendiri berasal dari kata “Ar Rahman” yang berarti “Yang Maha Pemurah”. Dalam surat ini, Allah SWT mengungkapkan keagungan dan kebesaran-Nya dengan memberikan sejumlah nikmat kepada manusia. Nikmat-nikmat tersebut antara lain adalah nikmat kehidupan, makanan, minuman, matahari, bulan, bintang, laut, dan lain sebagainya. Selain itu, dalam surat ini juga dijelaskan tentang adanya neraka sebagai tempat bagi orang-orang yang ingkar terhadap nikmat-nikmat Allah SWT.

Makna Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman memiliki makna yang sangat dalam dan beragam. Salah satu makna yang terkandung dalam surat ini adalah tentang kebesaran dan keagungan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta. Allah SWT mengungkapkan bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan oleh-Nya dengan penuh keindahan dan keharmonisan. Oleh karena itu, manusia harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan tidak mengabaikan keberadaan-Nya.

Pos Terkait:  Hikmah di Haramkannya Riba dalam Islam

Selain itu, surat Ar Rahman juga mengajarkan tentang pentingnya memperhatikan dan merawat alam semesta. Manusia diberikan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT. Manusia juga diingatkan untuk tidak mengabaikan orang-orang yang membutuhkan bantuan, serta tidak sombong dan merendahkan orang lain. Dengan demikian, manusia dapat hidup dalam keharmonisan dan keseimbangan di dunia ini.

Keutamaan Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman memiliki keutamaan yang sangat besar bagi umat Islam. Salah satu keutamaannya adalah bahwa surat ini mengandung ayat-ayat yang sangat indah dan penuh makna. Banyak mufassir dan ulama yang mengatakan bahwa membaca surat Ar Rahman dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati. Selain itu, surat ini juga dapat menjadi pengingat bagi manusia untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Keutamaan lain dari surat Ar Rahman adalah bahwa membacanya dapat memberikan pahala yang besar. Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca surat Ar Rahman, maka Allah akan memberikan rahmat-Nya kepadanya. Ketika malam hari datang, maka Allah akan memberikan rahmat-Nya kepadanya dan pada pagi harinya, Allah akan memberikan rahmat-Nya kepadanya.”

Pos Terkait:  Doa Tolak Bala: Cara Ampuh Melawan Segala Musibah dan Penyakit

Cara Membaca Surat Ar Rahman

Untuk membaca surat Ar Rahman, kita harus memperhatikan tajwid atau cara membaca yang benar. Berikut ini adalah cara membaca surat Ar Rahman yang baik dan benar:

  1. Baca dengan tartil dan dengan hati yang khusyuk.
  2. Perhatikan tajwid atau cara membaca yang benar sesuai dengan huruf-hurufnya.
  3. Usahakan untuk memahami makna dari ayat-ayat surat Ar Rahman.
  4. Baca surat ini secara rutin untuk mendapatkan keutamaan dan rahmat dari Allah SWT.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga kita selalu diberikan hidayah dan kekuatan untuk senantiasa beribadah kepada-Nya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Aamiin.

Kesimpulan

Surat Ar Rahman adalah surat ke-55 dalam Al-Quran yang memiliki keistimewaan tersendiri karena ayat-ayatnya yang indah dan penuh makna. Surat ini mengajarkan tentang keagungan dan kebesaran Allah SWT serta memberikan pengingat kepada manusia untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Surat Ar Rahman memiliki keutamaan yang sangat besar bagi umat Islam, antara lain dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati serta memberikan pahala yang besar. Untuk membaca surat Ar Rahman, kita harus memperhatikan tajwid atau cara membaca yang benar dan selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Pos Terkait:  Teman Baik Seperti Apa? Ciri Ini Harus Ada Padanya