Umum

Siapa Kaum Rum yang Disebutkan Nabi Akan Khianat dan Memerangi Umat Muslim?

×

Siapa Kaum Rum yang Disebutkan Nabi Akan Khianat dan Memerangi Umat Muslim?

Share this article

Di dalam sejarah Islam, terdapat banyak peristiwa penting yang menjadi bagian dari sejarah peradaban Islam. Salah satu peristiwa penting yang terjadi adalah perang Uhud. Perang ini terjadi pada tahun kedua hijriyah dan merupakan salah satu perang terbesar yang terjadi pada masa Rasulullah SAW. Dalam peristiwa ini, terdapat sebuah hadis yang menyebutkan tentang kaum Rum yang akan khianat dan memerangi umat Muslim. Lalu, siapa sebenarnya kaum Rum yang dimaksud dalam hadis tersebut?

Hadis Tentang Kaum Rum yang Akan Khianat dan Memerangi Umat Muslim

Hadis yang dimaksud adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitabnya yang berjudul Sahih Muslim. Hadis tersebut berbunyi:

“Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: ‘Akan datang suatu zaman di mana umatku akan berperang dengan seorang bangsa yang bermata sipit, hidungnya mancung, dan kulitnya berwarna merah. Mereka akan mendapatkan kemenangan pada awalnya, tetapi mereka akan mengkhianati umatku di saat mereka sedang berada di atas kesulitan. Kemudian akan datang bangsa dari arah timur yang memiliki mata seperti mirip dengan lembing yang tajam. Mereka akan membantuku dan membela kebenaranku. Mereka akan mengalahkan bangsa bermata sipit tersebut.’”

Hadis ini memberikan gambaran tentang perang antara umat Muslim dengan dua bangsa yang berbeda. Bangsa pertama memiliki ciri-ciri fisik seperti bermata sipit, hidung mancung, dan kulit berwarna merah. Sedangkan bangsa kedua memiliki ciri-ciri fisik seperti mata yang tajam seperti lembing. Bangsa pertama akan mendapatkan kemenangan pada awalnya, tetapi kemudian akan mengkhianati umat Muslim di saat mereka sedang berada di atas kesulitan.

Pos Terkait:  Hukum Transaksi atau Jual Beli Online

Siapa Sebenarnya Kaum Rum yang Dimaksud dalam Hadis Tersebut?

Menurut beberapa ulama, kaum Rum yang dimaksud dalam hadis tersebut adalah bangsa Romawi atau Byzantium. Bangsa ini pada saat itu merupakan salah satu kekuatan besar di dunia dan sering terlibat dalam konflik dengan umat Muslim. Pada masa Rasulullah SAW, bangsa Romawi dipimpin oleh Kaisar Heraklius yang memimpin serangan besar-besaran ke wilayah Arab.

Bangsa Romawi pada saat itu dikenal dengan nama Byzantium dan memang memiliki ciri-ciri fisik seperti yang disebutkan dalam hadis tersebut. Mereka memiliki mata sipit, hidung mancung, dan kulit berwarna merah. Selain itu, bangsa Byzantium juga terkenal dengan senjata mereka yang tajam seperti lembing, seperti yang disebutkan dalam hadis tersebut.

Meskipun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa kaum Rum yang dimaksud dalam hadis tersebut bukanlah bangsa Byzantium, melainkan bangsa lain yang memiliki ciri-ciri fisik yang serupa. Namun, pendapat ini tidak begitu populer di kalangan ulama.

Penjelasan Lebih Lanjut Tentang Hadis Tersebut

Hadis tentang kaum Rum yang akan khianat dan memerangi umat Muslim memiliki beberapa interpretasi yang berbeda. Beberapa ulama berpendapat bahwa hadis ini merujuk pada perang besar antara kaum Muslim dan bangsa Romawi yang terjadi pada masa Rasulullah SAW. Pada masa itu, bangsa Romawi memang sering melakukan serangan ke wilayah Arab dan banyak orang Arab yang menjadi tawanan mereka.

Pos Terkait:  Mengenal Rukun Wudhu

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa hadis ini merujuk pada perang besar yang akan terjadi di masa depan antara umat Muslim dan bangsa yang memiliki ciri-ciri fisik seperti yang disebutkan dalam hadis tersebut. Perang ini akan dimenangkan oleh umat Muslim dengan bantuan bangsa dari arah timur yang memiliki mata tajam seperti lembing.

Apa Makna dari Hadis Tersebut?

Hadis tentang kaum Rum yang akan khianat dan memerangi umat Muslim memiliki beberapa makna yang bisa diambil. Pertama, hadis ini mengajarkan tentang pentingnya persatuan umat Muslim dalam menghadapi musuh-musuhnya. Kita harus selalu bersatu dan saling membantu dalam menghadapi tantangan yang ada.

Kedua, hadis ini juga mengajarkan tentang pentingnya kejujuran dan amanah dalam berhubungan dengan orang lain. Kita harus selalu menghormati perjanjian dan tidak boleh mengkhianati orang lain, meskipun dalam keadaan sulit.

Ketiga, hadis ini juga mengajarkan tentang pentingnya doa dan pengharapan kepada Allah SWT dalam menghadapi musuh-musuh kita. Kita harus selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT dalam setiap situasi.

Kesimpulan

Hadis tentang kaum Rum yang akan khianat dan memerangi umat Muslim adalah salah satu hadis penting yang perlu dipahami oleh umat Muslim. Hadis ini memberikan gambaran tentang perang antara umat Muslim dengan bangsa yang memiliki ciri-ciri fisik tertentu. Meskipun terdapat beberapa interpretasi yang berbeda, hadis ini mengajarkan tentang pentingnya persatuan umat Muslim, kejujuran, amanah, dan doa kepada Allah SWT dalam menghadapi musuh-musuh kita.

Pos Terkait:  Doa dan Waktu yang Pas untuk Berjimak